Tablet Hybrid Akan Kuasai Pasar Pada 2016

Jakarta – Penjualan tablet pada beberapa bulan belakangan mulai terlihat stagnan, bahkan cenderung menurun. Hal ini bukan hanya terjadi pada satu vendor saja melainkan terjadi pada hampir semua pabrikan termasuk produsen raksasa seperti Apple. Namun, hadirnya desain baru berupa tablet hybrid, yakni tablet yang dilengkapi dengan keyboard, diyakini mampu memberi napas tambahan pada pasar tablet.

Diwartakan oleh Business Insider (6/12/2015), prediksi tentang akan merebaknya tablet hybrid di pasaran ini dikemukakan biro riset dari IDC. Mereka memberikan laporan mengenai pengapalan tablet dalam skala global yang pada tahun ini mencapai angka 211.3 juta unit. Jumlah ini diketahui menurun 8.1 persen jika dibandingkan dengan tahun 2014 lalu.

Tren Tablet Hybrid di tahun 2016.

Tren Tablet Hybrid di tahun 2016.

Sementara itu, tanda-tanda mengenai lemahnya permintaan tablet dari pasar mulai terkuak sejak produsen raksasa asal Amerika Serikat, Apple, secara mengejutkan menyatakan bahwa penjualan produk iPad andalan mereka anjlok. Pada Oktober lalu, perusahaan tersebut melaporkan bahwa penjualan iPad menurun hingga berada di bawah sepuluh juta unit di kuartal keempat tahun fiskal.

Harapan baru untuk penjualan tablet yang kian lesu ini hadir dari popularitas produk tablet hybrid yang diprediksi akan naik pada tahun depan. Tablet hybrid ini termasuk iPad Pro serta Microsoft Surface Pro yang memiliki keyboard terpisah untuk menunjang produktivitas. Termasuk pula tablet yang tanpa dilengkapi dengan keyboard namun bentuknya bisa diubah sehingga memudahkan dalam pemakaian.

Lebih lanjut IDC memperkirakan bahwa pasar untuk tablet hybrid akan naik hingga tujuh puluh lima persen pada tahun 2016 mendatang. Sebagai contoh adalah produk iPad Pro yang menjadi salah satu sumber dari pertumbuhan pasar Apple. Namun tampaknya yang akan paling diuntungkan dari tren tablet hybrid ini adalah Microsoft.

Microsoft akan diuntungkan karena banyak vendor yang membuat produk tablet hybrid dengan basis Windows. Diperkirakan pada tahun 2019 mendatang, pangsa pasar untuk tablet berbasis Windows akan naik hingga dua kali lipatnya, mengalahkan tablet dengan basis Android. Sedangkan khusus untuk market share produk iPad diprediksi akan tetap sama.

Tablet Hybrid Akan Kuasai Pasar Pada 2016,

Rating : 4.33 / 5 dari 12 pengunjung

Berikan vote untuk artikel ini!

Tags:
author

Author: 

Pria tulen yang gemar dengan dunia Teknologi, Gadget, Handphone, Hardware, Software dan Aplikasi.

Copyright by: