Dinas Kesehatan Muara Enim Fogging Massal Cegah DBD

MUARA ENIM – Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Muara Enim melakukan fogging massal di pemukiman penduduk. Fogging ini dilakukan di 55 desa dan kelurahan untuk 15 kecamatan di Kabupaten Muara Enim.

Tujuannya untuk mengantisipasi penyebaran penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD) yang disebabkan oleh nyamuk Aedes Aegypti.

“Di awal Desember ini kita sudah mulai melakukan fogging massal ke pemukiman penduduk. Sebab sekarang sudah masuk musim penghujan,” ujar Kepala Dinas Kesehatan Muara Enim, dr Yan Riadi MARS, Senin (7/12).

Namun pencegahan tersebut, kata Yan, dapat dilakukan sendiri oleh masyarakat dengan membersihkan lingkungan rumah masing-masing.

“Memberantas sarang nyamuk DBD di rumah masing masing dalam bentuk kegiatan 3 M (menguras, menutup dan menimbun),” ungkapnya.

Petugas foging saat menyemprot di Kelurahan Pasar II, Kota Muara Enim

Petugas fogging saat menyemprot di Kelurahan Pasar II, Kota Muara Enim.

Selain itu, dengan memelihara ikan pemakan jentik nyamuk di kolam atau bak penampungan air.

Dijelaskannya, selama periode Januari-November 2015, jumlah kasus DBD di Muara Enim tergolong kecil. Itu di sebabkan adanya kemarau panjang yang terjadi mulaib ulan Juni sampai November.

Jumlah kasus DBD pada bulan Januari 73 kasus, Februari 61 kasus, Maret 26 kasus, April 23 kasus.

“Bulan Januari sampai April jumlah kasus DBD memang agak banyak karena masih musim penghujan,” jelasnya.

Sedangkan bulan Mei 10 kasus, Juni 10 kasus, Juli 4 kasus, Agustus 3 kasus, September 10 kasus, Oktober 12 kasus dan November 8 kasus (amr).

Dinas Kesehatan Muara Enim Fogging Massal Cegah DBD,

Rating : 4.25 / 5 dari 12 pengunjung

Berikan vote untuk artikel ini!

Tags:
author

Author: 

Rutinitas kerja di salah satu Bank terkemuka, tidak menyurutkannya untuk tetap menyalurkan hobi jurnalistik di kategori berita Ekonomi, Bisnis, Nasional dan Mancanegara.

Copyright by: