SMA Bukit Asam Gandeng Psikolog Untuk Penjurusan

MUARA ENIM – SMA Bukit Asam (SMA BA) menggandeng jasa psikolog untuk membantu para siswanya dalam memilih jurusan.

“Untuk membantu mengarahkan siswa memilih jurusan dan peminatan, kita sengaja gandeng psikolog,” ungkap Kepala SMA BA Tanjung Enim, Dra Hj Nurbaity MM, Jumat (11/12).

Menurut Nurbaity, tujuannya agar siswa kelas X mendapatkan arahan pemilihan jurusan IPA atau IPS. Sedangkan siswa kelas XI mendapatkan arahan jurusan untuk ke Perguruan Tinggi, sesuai dengan minat dan bakatnya.

“Ini tidak lain untuk kebaikan mereka juga, guna membantu anak-anak mempertimbangkan memilih jurusan, tentunya sesuai dengan minat dan bakat akademik yang dimiliki mereka sendiri,” jelasnya.

Bagusnya ngambil Jurusan apa ya.. (smadangawi).

Bagusnya ngambil Jurusan apa ya..? (smadangawi).

Psikolog Herlina SPSi mengungkapkan, dalam memberikan pertimbangan memilih jurusan, pihaknya melihat dari beberapa aspek. Di antaranya aspek psikologis individu, IQ, bakat intelektual, dan perminatan siswa sendiri. Setelah diketahui melalui aspek-aspek dimaksud, tim nantinya akan membuat kesimpulan hasil tes bagi siswa SMA BA.

“Ada 8 psikolog yang melakukan tes. Untuk hasil tes kita langsung serahkan ke sekolah melalui guru Bimbingan Konseling untuk disampaikan kepada siswa,” jelasnya.

Heni Sriyati SPSi, guru SMA BA mengungkapkan, arahan dari guru BK akan disampaikan kepada siswa dan orang tuanya. Kemudian untuk menentukan penjurusan, setiap siswa akan mendapatkan penilaian khusus, meliputi ulangan harian, nilai ujian semester I, hasil angket orang tua, dan rekomendasi.

“Seperti ada anaknya ingin melanjutkan kuliah jurusan ekonomi, tetapi orang tua ingin anaknya masuk jurusan teknik. Hal ini tidak balance, maka kita lakukan pembinaan orang tuanya, dimana orang tua siswa dibuatkan perjanjian,” tukasnya (amr)

SMA Bukit Asam Gandeng Psikolog Untuk Penjurusan,

Rating : 4.50 / 5 dari 12 pengunjung

Berikan vote untuk artikel ini!

Tags:
author

Author: 

Rutinitas kerja di salah satu Bank terkemuka, tidak menyurutkannya untuk tetap menyalurkan hobi jurnalistik di kategori berita Ekonomi, Bisnis, Nasional dan Mancanegara.

Copyright by: