3 Software Gratisan Ini Bisa Digunakan Untuk Menguji Kecepatan USB Flashdisk

Media penyimpanan eksternal yang sedang booming saat ini adalah flashdisk. USB flashdisk memiliki kapasitas serta harga yang bervariasi, umumnya semakin besar kapasitasnya maka akan semakin tinggi harganya. Namun dalam membeli flashdisk, kadang kita tidak akan menguji seberapa cepat perangkat itu bekerja, karena hanya berpatokan pada kapasitas saja.

Padahal, semakin tinggi atau besar kapasitas yang ada dalam flashdisk tersebut, maka daya kecepatannya bisa sangat lambat. Sehingga proses penyimpanan data atau transfer file bisa berlangsung dalam waktu yang cukup lama. Di sinilah dibutuhkan teknik khusus dalam mengetahui kecepatan flashdisk tersebut.

Yang pertama adalah dengan menggunakan software bernama USBDeview. Perangkat ciptaan Nirsoft ini akan membantu dalam menghapus daftar list yang ada pada USB yag sebelumnya pernah dicolokkan pada komputer. Keunggulan lain dari USBDeview adalah adanya tool Benchmark flash drive serta option untuk menampilkan nilai kecepatan ke situs Nirsoft.

Cara Menguji Kecepatan USB Flashdisk dengan software USBDeview

Menguji Kecepatan USB Flashdisk dengan software USBDeview.

Kedua adalah dengan menggunakan software khusus bernama SpeedOut. Alat ini telah terbukti ramah lingkungan, portable dan juga minimalis namun memiliki kemampuan yang esensial dalam menguji kecepatan sebuah USB flashdisk. Namun, alat ini hanya bisa dipakai dalam tes rendah. Jadi, nilai ukuran nantinya tidak akan dipengaruhi oleh sistem.

Cara penggunaan SpeedOut adalah pilih USB drive yang hendak dites dari menu bernama drop down, kemudian SpeedOut akan langsung bekerja untuk membaca serta menulis data-data file. SpeedOut juga akan secara otomatis menampilkan semua nilai tes, mulai dari kecepatan hingga daya kerja pada saat melakukan proses tadi.

Cara Menguji Kecepatan USB Flashdisk dengan software SpeedOut

Menguji Kecepatan USB Flashdisk dengan software SpeedOut.

Kelebihan lain dari software SpeedOut ini adalah ia bisa menyimpan serta menyalin hasil tes cukup dengan melakukan klik kanan yang ada di judul bar. Tak hanya itu, SpeedOut juga tidak akan melakukan distraksi file.

Cara Menguji Kecepatan USB Flashdisk dengan software USB flash benchmark

Menguji Kecepatan USB Flashdisk dengan software USB flash benchmark.

Cara ketiga adalah dengan menggunakan USB flash benchmark. Software eksklusif ini dikhususkan untuk pengujian flashdisk dengan cara yang sederhana. Tes akan dilakukan untuk mengukur kecepatan mulai dari 1K sampai dengan 16 MB. Keunggulan benchmark ini adalah hasil tes nantinya akan ditampilkan dalam bentuk grafik sehingga lebih mudah dibaca.

3 Software Gratisan Ini Bisa Digunakan Untuk Menguji Kecepatan USB Flashdisk,

Rating : 4.58 / 5 dari 12 pengunjung

Berikan vote untuk artikel ini!

Tags:
author

Author: 

Pria tulen yang gemar dengan dunia Teknologi, Gadget, Handphone, Hardware, Software dan Aplikasi.

Copyright by: