Disnakan Selenggarakan SPR di 4 Kecamatan

MUARA ENIM- Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Muara Enim berkomitmen untuk mengembangkan sektor peternakan. Tidak heran jika APBD tahun 2016 untuk pembangunan peternakan di Bumi Serasan Sekundang naik menjadi 15 persen.

Kepala Dinas Peternakan (Kadisnak) Muara Enim Teguh Sumitro mengatakan, dari anggaran tersebut, kini pihaknya menyelenggarakan Sekolah Peternakan Rakyat (SPR).

“Tujuan SPR untuk menciptakan SDM berkualitas sehingga mampu menghasilkan populasi ternak, pangan berprotein, dan telur tercukupi,”ujar Teguh, Minggu (13/12).

Menurutnya, dengan SPR ini diharapkan kebutuhan ternak di Kabupaten Muara Enim tercukupi. “Sehingga nantinya tidak ada lagi sapi dipasok dari luar Muara Enim,”ucapnya.

Pihaknya mendirikan tiga SPR di empat kecamatan, yakni SPR Muara Tigo Manunggal di Kecamatan Muara Enim, SPR Extrans Serasan Berkarya di Kecamatan Rambang Dangku, SPR Panca Muara Lengi di Kecamatan Gunung Megang dan di Kecamatan Benakat.

Program SPR1111 dan Faktor Pendukungnya (spr1111 wordpress)

Program SPR1111 dan Faktor Pendukungnya (spr1111 wordpress)

“SPR ini bekerjasama dengan Institut Pertanian Bogor (IPB). Jumlah peternak dari tiga SPR ini totalnya 120 orang. SPR sebagai sarana untuk mengubah mindset peternak sapi untuk beternak sapi dengan baik dan benar, sehingga beternak tidak dilakukan secara sambilan saja,” ungkapnya.

Dijelaskan, SPR bukan hal baru di Sumsel. Sejak 2013 lalu sudah didirikan di Betung Banyuasin dan Mesuji Raya OKI.

“SPR di Muara Enim adalah penyempurnaan pengembangan peternakan yakni secara teknis administrasi dan manejemen dilakukan secara terpadu dan berkelanjutan,” jelasnya.

SPR merupakan titik awal untuk lebih meningkatkan lagi pengembangan populasi peternakan sapi untuk melanjutkan komitmen Pemkab Muara Enim untuk mengembangkan peternakan sapi yang berintegrasi dengan perkebunan sawit. (amr)

Disnakan Selenggarakan SPR di 4 Kecamatan,

Rating : 4.50 / 5 dari 12 pengunjung

Berikan vote untuk artikel ini!

Tags:
author

Author: 

Pria yang gemar di dunia merketing ini merupakan salah satu karyawan di Perusahaan Asuransi terkemuka di Indonesia. Menulis berita untuk kategori Kesehatan, Ekonomi, Berita Nasional dan Berita Mancanegara.

Copyright by: