Lorenzo Keluhkan Sistem Elektronik Pada Motor 2016

Palma – Juara dunia MotoGP 2015 Jorge Lorenzo memberikan prediksinya terkait musim balap 2016 mendatang. Menurut rider berjuluk Por Fuera itu, balapan musim depan akan berjalan dengan lebih lambat jika dilihat dari sisi kecepatan motor. Hal ini dianggapnya sebagai imbas dari perangkat elektronik anyar yang disematkan pada motor balap untuk musim 2016.

Diwartakan oleh Motoscene, rider Movistar Yamaha itu mengungkapkan rasa khawatirnya setelah tes Valencia beberapa minggu lalu. Diakui Lorenzo bahwa perangkat ECU atau Electronic Control Unit pada motor musim depan akan berbeda dengan motor musim ini. Dan, dikatakan olehnya bahwa perangkat baru itu justru menyulitkan bagi para pembalap.

Jorge Lorenzo Bersama Motor Balapnya

Jorge Lorenzo Bersama Motor Balapnya.

“Perangkat elektronik yang sekarang digunakan ternyata kurang canggih bila dibandingkan dengan yang dulu. Waktu putaran melambat sampai dengan setengah detik pada awal musim. Di hari pertama, sempat ada rasa takut untuk mencoba motor yang menggunakan perangkat elektronik baru ini. Ada beberapa masalah yang terjadi,” ungkap pembalap kelahiran Mallorca itu.

Disebutkan Lorenzo bahwa masalah-masalah yang datang sangat beragam, mulai dari software yang tidak sesuai dengan keinginannya hampir pada tiap sektor, roda belakang yang memiliki kecenderungan untuk mengunci serta traksi kontrol yang kadang tidak bisa dikeluarkan pada setiap gerakan.

“Para insinyur berusaha membuat saya tenang dengan mengatakan bahwa semua ini hanyalah karena efek di hari pertama tes. Mereka mengatakan bahwa semua sistem butuh waktu untuk menyatu dan akan ada perkembangan sampai dengan tujuh puluh persen di hari kedua. Namun di hari kedua perkembangannya hanya lima puluh persen. Kami akan terus berusaha untuk mencapainya,” terangnya lebih lanjut.

Kekhawatiran mengenai perangkat elektronik baru ini tak hanya dirasakan oleh Lorenzo. Hampir semua pembalap MotoGP merasakan hal yang sama. Marc Marquez, Dani Pedrosa dan juga Valentino Rossi pun mengeluhkan hal yang sama terkait dengan peraturan mengenai ECU baru tersebut.

Pada musim MotoGP 2016 mendatang, terdapat peraturan baru mengenai penyeragaman ECU serta pemasok ban utama beralih dari Bridgestone ke Michelin. Semua ini diharapkan mampu menambah sengit persaingan di atas aspal.

Lorenzo Keluhkan Sistem Elektronik Pada Motor 2016,

Rating : 4.42 / 5 dari 12 pengunjung

Berikan vote untuk artikel ini!

Tags:
author

Author: 

Berita di kategori Sport merupakan santapan pria yang hobi memancing ikan ini.

Copyright by: