Kanker Usus Besar Jadi Salah Satu Penyebab Kematian Terbesar

Jakarta – Angka kematian di negara Indonesia disebabkan beberapa hal, mulai dari bencana alam, pembunuhan, kecelakaan hingga berbagai macam penyakit. Dikatakan oleh Dr. Benny Philipi selaku ahli bedah di RS khusus kanker, MRCCC Siloam Jakarta, urutan penyebab kematian yang pertama adalah jantung serta stroke, kemudian kanker, terakhir kecelakaan.

Lebih lanjut Dr. Philipi mengemukakan bahwa tingkat kematian akibat kanker lebih dikarenakan pola hidup tidak seimbang serta kemungkinan adanya infeksi pada usus besar. Hal ini diungkapkan olehnya pada Selasa (15/11/2015. Kanker usus besar sendiri merupakan kanker yang terdapat pada kolon ataupun rektum, di mana keduanya adalah bagian dari rangkaian sistem pencernaan.

Kanker Usus Besar

Kanker Usus Besar. (wikipedia)

Dr. Philipi menerangkan pula bahwa pola BAB pada seseorang bisa dijadikan parameter dalam mengetahui apakah seseorang mengalami kanker usus besar atau tidak. Pola BAB yang tidak teratur bisa jadi salah satu indikator seseorang tengah dalam tahap awal kanker ini. Selain itu, feses yang berwarna hitam dan bahkan merah layaknya darah juga bisa menjadi pertanda kanker pada usus besar.

Pada penderita yang telah mengalami perubahan pola BAB, nafsu makan bisa berkurang dan akibatnya berat badan akan turun secara drastis. Pada tahap ini biasanya barulah penyakit kanker pada usus besar terdeteksi dan pasien akan mendapat penanganan khusus. Sementara pada dua gejala awal, umumnya tidak akan langsung diketahui bahwa penderita telah mengidap kanker.

Ada beberapa faktor penyebab kanker usus yang perlu untuk diwaspadai. Pertama adalah faktor usia, di mana usia di atas lima puluh tahun lebih rentan untuk menderita penyakit ini. Kedua adalah adanya pola makan dan minum yang tidak sehat. Konsumsi lemak berlebih terutama sudah harus diganti dengan makanan berserat tinggi.

Penyebab lain dari kanker usus adalah adanya obesitas atau pada penderita diabetes. Merokok serta mengonsumi alkohol juga akan memungkinkan terjadinya berbagai penyakit pada usus, tak terkecuali kanker. Terakhir, riwayat penyakit kanker pada keluarga serta riwayat adanya polip usus juga akan meningkatkan resiko terjadinya kanker usus.

Kanker Usus Besar Jadi Salah Satu Penyebab Kematian Terbesar,

Rating : 4.42 / 5 dari 12 pengunjung

Berikan vote untuk artikel ini!

Tags:
author

Author: 

Aktif dan masih menjadi tenaga pengajar di salah satu sekolah menengah umum. Menulis untuk kategori berita Kesehatan, Pendidikan, Berita Nasional dan info Lowongan Kerja.

Copyright by: