Jelang Natal dan Tahun Baru 2016, Harga Barang Kebutuhan Mulai Naik

Jakarta – Harga bahan pangan terpantau naik oleh pemerintah menjelang akhir tahun 2015. Kenaikan ini adalah sebagai akibat dari adanya peningkatan kebutuhan jika dibandingkan dengan waktu normal. Peningkatan kebutuhan ini sendiri terkait adanya hari raya Natal serta tahun baru 2016 yang akan segera datang dalam hitungan hari.

Kenaikan harga diungkapkan langsung oleh Darmin Nasution selaku Menko Perekonomian. Pihaknya mengaku telah mendapat laporan mengenai kenaikan harga beberapa komoditi pangan. Beberapa barang kebutuhan yang mengalami kenaikan harga ini meliputi bawang merah serta cabai merah.

Harga Barang Kebutuhan Naik Jelang Natal dan Tahun Baru 2016

Harga Barang Kebutuhan Naik Jelang Natal dan Tahun Baru 2016. (ilustrasi:tribunnews)

“Harga cabai dan bawang semakin tinggi. Termasuk tinggi kalau dibandingkan dengan bulan lalu. Tapi kalau dibandingkan dengan tahun lalu malah turun,” ucap Darmin di Jakarta pada Rabu (16/12/2015). Selain kedua bumbu masak tersebut, bahan makanan lain yang harganya terpantau naik ialah telur ayam dan daging ayam.

Kenaikan harga pada kedua bahan makanan tersebut terjadi sebesar tujuh sampai delapan persen jika dibandingkan dengan harga pada bulan sebelumnya. Kenaikan ini diprediksi karena adanya kenaikan pula pada harga pakan untuk ternak seperti jagung. Naiknya harga pakan ini memang sudah terjadi sejak beberapa waktu yang lalu.

“Kalau kenaikan harga telur dan ayam itu lebih ada hubungannya dengan output pakan ternak yaitu jagung. Jagung sebagai pakan ayam memang sedang naik harganya,” papar Darmin. Sementara untuk harga-harga barang kebutuhan lain seperti beras, daging dan ikan masih terjaga dan belum terpantau adanya kenaikan.

Ini artinya, sumbangan pada inflasi tidak terlalu signifikan terutama pada akhir tahun. Pemerintah juga akan menjamin tercukupinya kebutuhan masyarakat terutama apabila terjadi lonjakan harga. “Situasi pangan di akhir tahun ini termasuk tidak terdapat tekanan yang begitu berarti,” pungkasnya.

Umumnya harga barang kebutuhan memang akan terpantau naik terutama mendekati perayaan hari-hari besar keagamaan atau menjelang akhir tahun. Apalagi di akhir bulan Desember di mana perayaan Natal dan Tahun Baru tinggal menghitung hari, diperkirakan harga barang-barang kebutuhan pokok masih akan seperti beras, ayam dan bumbu mengalami kenaikan.

Jelang Natal dan Tahun Baru 2016, Harga Barang Kebutuhan Mulai Naik,

Rating : 4.42 / 5 dari 12 pengunjung

Berikan vote untuk artikel ini!

Tags:
author

Author: 

Rutinitas kerja di salah satu Bank terkemuka, tidak menyurutkannya untuk tetap menyalurkan hobi jurnalistik di kategori berita Ekonomi, Bisnis, Nasional dan Mancanegara.

Copyright by: