Ini Yang Dilakukan Pertamina Jika Harga Minyak Turun

Harga minyak di dunia pada tahun 2015 ini terpantau terus mengalami penurunan. Bahkan, pada saat ini telah mendekati level paling rendah sejak tahun 2004 silam atau sebelas tahun terakhir. Penyebab utama dari anjloknya harga minyak ini disinyalir sebagai akibat dari kelebihan yang ada pada pasokan global.

Penurunan harga komoditas ini pastilah memiliki dampak yang cukup signifikan pada berbagai perusahaan minyak dunia. Dilakukan efisiensi besar-besaran dan bahkan tak sedikit pula perusahaan yang memutuskan untuk berhenti bereksplorasi. Lalu, bagaimana dengan PT Pertamina di Indonesia?

Diungkapkan oleh Marwan Batubara selaku Direktur IRESS, terdapat dua faktor untuk diperhatikan dalam kondisi seperti ini. Yang pertama adalah produksi migas dari hulu atau yang dihasilkan serta produk migas di hilir atau yang dijual langsung kepada masyarakat. Harga minyak yang turun pasti akan berpengaruh pada harga minyak di Indonesia.

Penampungan Minyak Pertamina

Penampungan Minyak Pertamina. (viva)

Namun, menurut Marwan, hal ini masih bisa diatasi dengan adanya kebijakan yang dikeluarkan oleh pemerintah. “Tergantung apakah nanti ada perubahan harga untuk BBM. Harusnya harga BBM turun karena minyak dunia juga turun. Dengan begini maka Pertamina bisa tetap mendapat untung,” ungkapnya pada Rabu (16/12/2015).

Dirinya turut menyebutkan jika pada saat ini Pertamina masih merugi. Kerugian ini disebabkan karena adanya kebijakan untuk subsidi BBM pada tahun lalu. Pada saat itu Pertamina diharuskan menjual BBM dengan harga lebih rendah dibanding harga minyak yang diimpor, karena di awal tahun BBM masih mendapat subsidi.

“Dulu kan pernah harga minyak naik, BBM tidak naik. Itu kerugiannya sampai dengan lima belas triliun rupiah,” jelasnya. Akan tetapi, setelah pemerintah mengeluarkan kebijakan untuk tidak lagi memberlakukan subsidi pada premium, semestinya kerugian tersebut dapat ditutup.

“Keuntungannya tergantung dari pemerintah karena pemerintah yang akan memberikan marjin dengan dilihat dari tingginya harga minyak di dunia serta nilai tukar. Penetapan marjin yang diberi Pertamina juga dijadikan pertimbangan,” ungkap Marwan.

Namun meski dalam upaya untuk menekan kerugian, pemerintah juga harus tetap bijak di dalam menentukan marjin agar tidak membebani atau bahkan merugikan rakyat.

Ini Yang Dilakukan Pertamina Jika Harga Minyak Turun,

Rating : 4.38 / 5 dari 13 pengunjung

Berikan vote untuk artikel ini!

Tags:
author

Author: 

Rutinitas kerja di salah satu Bank terkemuka, tidak menyurutkannya untuk tetap menyalurkan hobi jurnalistik di kategori berita Ekonomi, Bisnis, Nasional dan Mancanegara.

Copyright by: