Diperlukan Obat Seumur Hidup Untuk Atasi Jantung Koroner

Jakarta – Mengonsumsi obat seumur hidup wajib dilakukan pada penderita penyakit jantung koroner. Hal ini diungkapkan langsung oleh dr. Raja Adil Siregar dari Rumah Sakit Bethsaida pada talkshow yan diadakan di Gading Serpong, Tangerang, Kamis (17/12/2015).

“Penyakit jantung itu tidak sama seperti batuk atau diare yang sekali dua kali konsumsi obat bisa sembuh. Biasanya penderita penyakit jantung harus konsumsi obat seumur hidup,” terangnya.

Namun, kadang beberapa pasien akan mengeluhkan terjadinya efek samping seperti sering merasa mengantuk, kulit terasa gatal, pusing, nyeri pada lengan dan lambung serta efek samping lainnya. Pada kondisi ini, penting untuk si pasien agar mengonsultasikannya kepada dokter supaya tidak berkembang menjadi gangguan kesehatan yang lebih serius.

Beberapa pasien dengan penyakit jantung akan diminta untuk mengonsumsi berbagai macam jenis obat yang jumlahnya banyak, namun ternyata ada pula yang hanya mengonsumsi obat dalam jumlah lebih sedikit. Ini sema tergantung dari kondisi pasien tersebut. Dokter nantinya akan memutuskan apakah pasien harus mengonsumsi obat dalam jumlah besar atau kecil.

Ilustrasi: Lindungi Jantung (yambol)

Ilustrasi: Jantung Sehat (yambol)

Hal terpenting, menurut dr. Raja, adalah menjaga kesehatan serta gaya hidup agar tidak terkena penyakit apapun termasuk jantung. “Ada lima cara hidup sehat supaya bisa menghindari jantung koroner. Seimbang gizi makanan, enyahkan rokok dan alkohol, hindari stres, awasi kenaikan tekanan darah dan teratur dalam berolahraga. Jika disingkat akan menjadi sehat,” paparnya.

Jantung koroner atau jantung iskemik sendiri menjadi salah satu penyebab kematian tertinggi di samping stroke. Menurut data yang dihimpun oleh Federasi Jantung Dunia, tingkat kematian sebagai akibat dari penyakit jantung di Asia bagian Tenggara saja sudah mencapai satu koma delapan juta kasus di tahun 2014.

Gejala dari penyakit ini meliputi sesak napas, sering merasa pusing, rasa nyeri pada dada, serta detak jantung yang terasa lemah. Gejala ini umumnya akan muncul setelah penderita melakukan aktivitas yang menguras tenaga. Hal ini dikarenakan tubuh memerlukan pasokan darah dan jantung akan menuntut arteri supaya memasok darah dalam jumlah lebih banyak.

Diperlukan Obat Seumur Hidup Untuk Atasi Jantung Koroner,

Rating : 4.50 / 5 dari 12 pengunjung

Berikan vote untuk artikel ini!

Tags:
author

Author: 

Pria yang gemar di dunia merketing ini merupakan salah satu karyawan di Perusahaan Asuransi terkemuka di Indonesia. Menulis berita untuk kategori Kesehatan, Ekonomi, Berita Nasional dan Berita Mancanegara.

Copyright by: