Teleskop Canggih Ini Mampu Memantau Kedalaman Galaksi

California – Teleskop bernama James Webb akan segera memantau kedalaman di luar angkasa dengan lebih mendetail. Pemantauan ini sendiri akan dilakukan dalam beberapa tahun mendatang. Teleskop itu kini sedang dipersiapkan dan baru akan secara resmi dipakai pada bulan Oktober tahun 2018 mendatang.

Diwartakan Gizmodo pada Kamis (17/12/2015), European Space Agency selaku Badan Antariksa Eropa telah mengumumkan bahwa teleskop luar angkasa James Webb akan diluncurkan dengan menggunakan roket bernama Ariane 5. Peluncuran ini rencananya akan dilaksanakan sebelum akhir tahun 2018.

Teleskop James Webb

Teleskop James Webb. (Gizmodo)

Lebih lanjut, teleskop ini nantinya akan mencoba untuk mencari galaksi pertama pada alam semesta. Selain itu, teleskop James Webb juga akan berusaha mencari planet serta bintang. Teleskop ini sendiri memiliki bobot sampai dengan enam koma enam ton sementara diameternya mencapai enam koma lima meter.

Peluncuran teleskop akan dilakukan di Spaceport Eropa yang terletak di Kourou. Para ilmuwan nantinya akan menempatkan teleskop James Webb di jarak dua koma lima juta kilometer jauhnya dari dataran Bumi.

Berbagai proyek yang dilakukan oleh ilmuwan guna mengeksplorasi angkasa luar memang tidak pernah ada habisnya. Peluncuran roket dengan biaya miliaran yang membawa satelit atau teleskop dengan harga fantastis pun dilakukan tidak hanya sekali namun bisa sampai berkali-kali, guna mendapat petunjuk mengenai adanya galaksi, planet maupun bintang.

Sebelumnya, diberitakan juga pesawat ruang angkasa dari negara Jepang dengan nama Akatsuki, yang akan mendekati salah satu planet di tata surya yaitu Venus. Akatsuki sendiri awalnya sudah pernah mencoba menuju Venus, tepatnya pada Desember tahun 2010. Namun kala itu, terdapat masalah terkait kesalahan teknis sehingga misi tidak berjalan semestinya dimana Akatsuki mengalami kehabisan bahan bakar.

Namun, kini Akatsuki akan kembali mengemban misi untuk mendarat di Venus walaupun misi ini belum diketahui secara pasti apakah bisa berhasil ataukah akan kembali gagal. Misi ini secara khusus dirancang demi memperoleh petunjuk mengenai kondisi di planet tersebut, serta kenapa Venus menjadi sangat panas serta tidak layak untuk dihuni.

Teleskop Canggih Ini Mampu Memantau Kedalaman Galaksi,

Rating : 4.33 / 5 dari 12 pengunjung

Berikan vote untuk artikel ini!

Tags:
author

Author: 

Pria tulen yang gemar dengan dunia Teknologi, Gadget, Handphone, Hardware, Software dan Aplikasi.

Copyright by: