Pamsimas Muara Enim Dibantu Bank Dunia dan Dilirik Australia

MUARA ENIM – Program Penyediaan Air Minum dan Sanitasi Berbasis Masyarakat (Pamsimas) di wilayah Kabupaten Muara Enim dilirik oleh Bank Dunia dan Kedutaan Besar Australia.

“Sengaja kita melakukan monitoring dan evaluasi mendadak pada sejumlah desa penyelenggara Pamsimas dimana sejauh ini dinilai Pamsimas di Muara Enim sudah berhasil mencapai diatas 60 persen,” kata Kordinator Bank Dunia, Lina Damayanti didampingi dari Kedutaan Australia, Eka Setiawan, Sabtu (19/12).

Menurut Lina, pada dua wilayah Pamsimas yang dikunjungi yaitu Desa Pajar Indah Kecamatan Gunung Megang dan Desa Emburung Kecamatan Rambang Dangku dinilai sudah bagus. Misal pada Pajar Indah warga terlihat sangat antusias terhadap kegiatan yang disadari oleh mereka bahwa Pamsimas memang punya masyarakat.

“Saat ditanya masyarakat paham betul, mulai dari konstruksi desain bangunan dan sarana yang tidak pernah dilihat pada tingkat nasional,” katanya.

Pamsimas Muara Enim di danai oleh Bank Dunia dan Dilirik Oleh Kedutaan Australia (pamsimas)

Pamsimas Muara Enim di danai oleh Bank Dunia dan Dilirik Oleh Kedutaan Australia (pamsimas)

Kemudian, program Pamsimas di Pajar Indah dinilai sudah baik, dimana sudah berjalan iuran air untuk mendapatkan air bersih dengan melibatkan swadaya masyarakat. “Semoga target 100-0-100 program Pamsimas dapat terwujud di Kabupaten Muara Enim,” harapnya.

Sementara itu, Bupati Muara Enim Muzakir Sai Sohar didampingi Wakil Bupati H Nurul Aman dan Kepala Dinas PU Cipta Karya Ramlan Suryadi, mengatakan bahwa program Pamsimas untuk mendukung pencapaian target MDGS’ 2015. Kemudian program ini diarahkan untuk pencapaian target universal dimana 100 persen akses air minum, 0 persen kawasan kumuh dan 100 persen akses sanitasi yang dikenal dengan 100-0-100.

“Ke depan kepada Bank Dunia diminta untuk terus memberikan bantuan pendanaan, sebab bila melalui dana APBD Pemkab Muara Enim tidak akan bisa menanggung semua pendanaan program Pamsimas ini,” pintanya.

Ditambahkan Ramlan, bahwa program Pamsimas di Bumi Serasan Sekundang sejak 2008 hingga 2015 yang sudah melibatkan 114 desa sebagai bentuk kepedulian pemerintah pusat dan daerah untuk meningkatkan layanan air minum dan sanitasi yang layak bagi masyarakat.

“Cakupan pelayanan air bersih di Kabupaten Muara Enim meningkat pada tahun 2014 sebesar 76,5 persen,” sebutnya. Dia berharap pada 2019 sesuai target nasional bahwa akses air bersih sebesar 100 persen. (amr)

Pamsimas Muara Enim Dibantu Bank Dunia dan Dilirik Australia,

Rating : 4.54 / 5 dari 13 pengunjung

Berikan vote untuk artikel ini!

Tags:
author

Author: 

Pria yang gemar di dunia merketing ini merupakan salah satu karyawan di Perusahaan Asuransi terkemuka di Indonesia. Menulis berita untuk kategori Kesehatan, Ekonomi, Berita Nasional dan Berita Mancanegara.

Copyright by: