Petugas Kebun Binatang Surabaya Hamili Orang Utan Ternyata Hoax

Surabaya – Terlepas dari kasus terbengkalainya kebun binatang Surabaya (KBS) beberapa waktu lalu, baru-baru ini kabar mengejutkan kembali berhembus. Beberapa media luar dikabarkan membuat sebuah berita tentang orangutan yang dihamili oleh petugas KBS. Aksi ini terungkap melalui video rekaman CCTV yang memperlihatkan petugas KBS menghamili orangutan tersebut. Berita ini tentu menambah list kasus memalukan yang terjadi di Kebun Binatang Surabaya, salah satunya kasus penelantaran hewan KBS yang menyebabkan beberapa hewan tewas dimana berita ini juga sempat menggemparkan media Internasional.

Berita mengenai hal mengejutkan ini disiarkan di beberapa media asing pada hari Sabtu lalu (19/12), salah satunya media dari Singapura dan Malaysia. Peristiwa mengenai kasus orangutan KBS dikutip dari report World News Daily yang merupakan portal berita dari negara Israel. Dalam berita tersebut, petugas yang menghamili salah satu orangutan KBS dikabarkan berusia tiga puluh delapan tahun.

Ilustrasi: Orangutan (worldwildlife)

Ilustrasi: Orangutan (worldwildlife)

Menanggapi pemberitaan mengenai kabar tak sedap ini, salah satu petugas kebun binatang Surabaya bernama Akhiroel Yahya yang sudah bertugas di KBS selama empat belas tahun menyatakan pendapatnya tentang peristiwa ini. Akhiroel mengungkapkan bahwa ketika binatang yang ada di KBS diberi makan, beberapa dari mereka memang terlihat terangsang. Herannya, salah satu orangutan KBS yang bernama Marylin dimana ia merupakan orang utan tertua di KBS justru ternyata hamil. Padahal dia belum pernah berhubungan dengan orangutan lain. Marylin justru tergolong orangutan yang agresif dan dihindari oleh orangutan lain sehingga kurang masuk akal jika Marylin hamil.

Heri Purwanto yang merupakan kepala dari Badan Pengawas Kebun Binatang Surabaya mengungkapkan dirinya sangat terkejut dengan berita yang beredar tersebut. Ia mengaku bahwa dirinya tidak tahu menau dan baru mendengar kabar ini setelah berita yang mengabarkan tentang orangutan yang dihamili petugas KBS sudah tersebar luas di beberapa media asing. Untuk mengkonfirmasi kebenaran mengenai berita tersebut, hingga saat ini dikabarkan pihak media masih menunggu konfirmasi mengenai kebenaran dari berita yang dikabarkan.

Upadate: setelah dilakukan kofirmasi, ternyata berita ini berita hoax alias berita bohong. Dua media online terbesar di Malaysia yaitu Sinar Harian dan MStar telah mengklarifikasi mengenai pemberitaan yang sempat membuat heboh ini setelah pihak Kebun Binatang Surabaya membantah semua pemberitaan ini.

Awalnya, berita ini diterbitkan oleh media online asal Israel, worldnewsdailyreport.com. Koran milik Zionis Yahudi Amerika itu menulis tentang artikel seorang pekerja kebun binatang Surabaya yang menghamili Orang Utan betina disana bernama Marilyn. Berbagai media luar dan lokal akhirnya mengutip pemberitaan ini.

Aschta Boestani Tajuddin, selaku Pejabat Sementara Direktur Utama Kebun Binatang Surabaya sangat menyesalkan atas pemberitaan ini. Dia membantah semua tuduhan itu dan mengungkapkan jika artikel yang dimuat di harian worldnewsdailyreport.com semuanya tidak benar. Masih menurutnya, tuduhan itu merupakan tuduhan yang sangat berat dan tentunya menyangkut moral.

Dia juga menjelaskan di Kebun Binatang Surabaya hanya ada empat Orang Utan Betina yang bernama Avika, Dora, Rizky dan tini. Tidak ada yang bernama Marylin.

Petugas Kebun Binatang Surabaya Hamili Orang Utan Ternyata Hoax,

Rating : 4.57 / 5 dari 14 pengunjung

Berikan vote untuk artikel ini!

Tags:
author

Author: 

Rutinitas kerja di salah satu Bank terkemuka, tidak menyurutkannya untuk tetap menyalurkan hobi jurnalistik di kategori berita Ekonomi, Bisnis, Nasional dan Mancanegara.

Copyright by: