Musim Hujan Tiba, Peremajaan Kebun Karet Berlanjut

MUARA ENIM – Salah satu program yang dilaksanakan oleh Dinas Perkebunan Kabupaten Muara Enim adalah peremajaan kebun pohon karet. Kepala Dinas Perkebunan kabupaten Muara Enim Ir Mat Kasrun mengatakan, tahun 2015 sudah diprogramkan peremajaan karet di lokasi kebun milik rakyat. Kecuali pada tiga Kecamatan yakni Semende Darat Ulu, Semende Darat Tengah, dan Semende Darat Laut.

“Karena di tiga wilayah tersebut untuk perkebunan karet, kondisi iklimnya tidak mendukung,” ujar Mat Kasrun, Minggu (20/12).

Program peremajaan perkebunan karet tersebut sudah dimulai sejak Februari 2015. “Untuk tahun 2016 mendatang program tersebut terus kita lanjutkan, dan lokasi yang belum kita lakukan tinggal sedikit lagi,” ujarnya.

Ir Mat Kasrun, Kepala Dinas Perkebunan Muara Enim

Ir Mat Kasrun, Kepala Dinas Perkebunan Muara Enim

Dengan datangnya musim hujan saat ini, inilah kesempatan untuk segera melakukan penanaman bibit karet dilahan lahan yang sudah disiapkan para petani.

“Sebelumnya di wilayah perkebunan tempat kita terjadi musim kemarau yang cukup lama, dan inilah yang menjadi hambatan kita dalam melaksanakan peremajaan kebun karet,” jelasnya. Kegiatan peremajaan karet tentunya dilakukan bersama kelompok kelompok tani dan dibantu para PPL diwilayah masing masing.

Dengan adanya program peremajaan kebun karet milik rakyat, pihaknya bisa membantu para petani yang kebunnya sudah tua dan tidak produktif lagi. Syaratnya mereka menyiapkan lahan masing masing maksimal dua hektar perorang, bibit kita berikan dan juga pupuk dasar serta kita membuat jalan produksi petani kalau memang belum ada, atau kita melakukan perbaikan jalan jalan produksi mereka.

“Kita memberikan bantuan bibit karet karena pada beberapa tahun ini produksi karet kita sekitar 200 ribu ton per tahun. Untuk itu kita berharap ke depan produksi karet kita bisa meningkat lagi dan tentunya para petani akan lebih sejahtera,” tukasnya. (amr)

Musim Hujan Tiba, Peremajaan Kebun Karet Berlanjut,

Rating : 4.50 / 5 dari 12 pengunjung

Berikan vote untuk artikel ini!

Tags:
author

Author: 

Pria yang gemar di dunia merketing ini merupakan salah satu karyawan di Perusahaan Asuransi terkemuka di Indonesia. Menulis berita untuk kategori Kesehatan, Ekonomi, Berita Nasional dan Berita Mancanegara.

Copyright by: