Menkes: Pentingnya Pengetahuan Dasar Mengenai HIV Aids Bagi Anak Muda

Jumlah penderita HIV Aids di Indonesia kian tahun terus mengalami peningkatan. Menanggapi kekhawatiran ini, menteri kesehatan Republik Indonesia, Prof. Dr. dr. Nila Djuwita F. Moeloek, SpM menyatakan bahwa anak muda di Indonesia memang kurang memiliki pengetahuan yang cukup tentang bahaya penyakit AIDS. Padahal pengetahuan dasar mengenai hal tersebut bisa membantu mencegah perilaku s3ks bebas pada remaja yang juga kian mengalami peningkatan di Indonesia.

Menurut Nila Moeloek saat ditemui di acara Gebyar Remaja Indonesi Peduli AIDS 2015 di kantor Kemenkes Jakarta pada Sabtu (19/12), ia menyatakan bahwa pengetahuan HIV pada remaja di Indonesia masih sangat minim. Pengetahuan dasar mengenai penyebaran HIV Aids ini misalnya adalah melalui hubungan s3ks bebas dan penasun atau penggunaan jarum suntik.

Menteri Kesehatan Prof. Dr. dr. Nila Djuwita F. Moeloek, SpM

Menteri Kesehatan Prof. Dr. dr. Nila Djuwita F. Moeloek, SpM.

Meskipun pengetahuan dasar mengenai pentingnya kewaspadaan akan HIV Aids perlu dilakukan, menteri kesehatan juga tak memungkiri adanya kendala dan kemungkinan lain yang bisa membuat generasi muda terinfeksi HIV Aids. Misalnya saja akses ke internet yang kian meluas dan mudah untuk diakses, dimana dalam internet ini ada banyak hal-hal yang tidak baik untuk dikonsumsi oleh para pemuda Indonesia. Misalnya gambar-gambar tidak senonoh yang seharusnya menjadi konsumsi orang dewasa. Untuk menghindari hal ini, keluarga memegang peranan penting untuk memberikan pengetahuan dasar atas pentingnya menghindari infeksi HIV Aids.

Menurut Sigit Purnomo yang merupakan dirut Jenderal Pengendalian Penyakit Menular mengatakan, survei yang dilakukan Kementrian Kesehatan mencatat bahwa pengetahuan pemuda pemudi akan HIV Aids di Indonesia hanya berkisar sekitar dua puluh enam persen. Hal ini sekaligus menjadi bukti kegagalan pemerintah yang berencana menargetkan hingga sembilan puluh lima persen.

Sigit Purnomo menambahkan, ketidaktahuan pemuda pemudi Indonesia akan pengetahuan HIV ini akan berujung pada resiko dan ancaman perilaku s3ks bebas dan perilaku lainnya yang bisa memicu HIV Aids. Seperti yang sudah kita ketahui, penyakit HIV Aids sendiri merupakan salah satu penyakit silent killer yang sangat membahayakan. Untuk itu tentu pengetahuan dasar akan HIV Aids ini menjadi penting untuk dilakukan.

Menkes: Pentingnya Pengetahuan Dasar Mengenai HIV Aids Bagi Anak Muda,

Rating : 4.58 / 5 dari 12 pengunjung

Berikan vote untuk artikel ini!

Tags:
author

Author: 

Aktif dan masih menjadi tenaga pengajar di salah satu sekolah menengah umum. Menulis untuk kategori berita Kesehatan, Pendidikan, Berita Nasional dan info Lowongan Kerja.

Copyright by: