BLH: Targetkan Setahun Minimal 3 Sekolah Raih Adiwiyata

MUARA ENIM – Sebanyak empat sekolah di Kabupaten Muara Enim berhasil meraih penghargaan Adiwiyata Nasional dari pemerintah pusat tahun 2015. Bahkan, dua sekolah meraih penghargaan Adiwiyata Mandiri dari Presiden Republik Indonesia. Keempat sekolah tersebut yakni SMA Bukit Asam, SMA Negeri 2 Muara Enim, SMA Negeri 1 Lawang Kidul, dan SD Negeri 6 Kota Muara Enim.

Untuk SMA Bukit Asam dan SMK Negeri 2 Muara Enim keduanya telah mendapatkan Adiwiyata Nasional Mandiri.

“Kita akan terus bina sekolah-sekolah di Kabupaten Muara Enim menjadi sekolah Adiwiyata. Minimal ada tiga sekolah setiap tahun mendapat penghargaan sekolah Adiwiyata,” tutur Kepala BLH Ir Zulkarnain Bachtiar MT, Senin (21/12).

Kepala BLH Muara Enim, Ir Zulkarnain Bachtiar MT

Kepala BLH Muara Enim, Ir Zulkarnain Bachtiar MT

Dikatakannya, bagi setiap sekolah yang akan menjadi sekolah Adiwiyata, lanjutnya, harus memenuhi prinsip adiwiyata terlebih dahulu. Yakni meliputi 4 komponen, pertama kebijakan berwawasan lingkungan, kedua pelaksanaan kurikulum berbasis lingkungan, ketiga kegiatan berbasis partisipasif, dan keempat pengelolaan sarana pendukung ramah lingkungan.

“Dengan prestasi adiwiyata ini, kita harapkan sekolah-sekolah lain dapat ikut mewujudkan menjadi sekolah berwawasan lingkungan, dan ikut program sekolah adiwiyata,” tuturnya.

Untuk menetapkan menjadi sekolah Adiwiyata tingkat nasional, terangnya, maka harus menjadi sekolah adiwiyata kabupaten, terus menjadi adiwiyata propinsi terlebih dulu.

Untuk sekarang ini pihaknya belum dapat mengatakan sekolah mana saja yang akan menjadi calon menjadi sekolah adiwiyata. “Namun yang pasti, pihak BLH Kabupaten Muara Enim masih melakukan monitoring dan pembinaan secara intensif,” tukasnya. (amr)

BLH: Targetkan Setahun Minimal 3 Sekolah Raih Adiwiyata,

Rating : 4.58 / 5 dari 12 pengunjung

Berikan vote untuk artikel ini!

Tags:
author

Author: 

Rutinitas kerja di salah satu Bank terkemuka, tidak menyurutkannya untuk tetap menyalurkan hobi jurnalistik di kategori berita Ekonomi, Bisnis, Nasional dan Mancanegara.

Copyright by: