Cantiknya Earthrise, Saat Bumi Terbit Dari Bulan

Jika selama ini kita sudah familiar dengan istilah sunrise atau matahari terbit, pernahkah kita mendengar istilah earthrises? Ya, sesuai dengan namanya, earthrises adalah sebuah peristiwa di mana Bumi terlihat bagaikan sedang terbit. Tentu saja, pemandangan ini hanya bisa dilihat dari planet atau bintang lain, salah satunya Bulan.

Dilihat dari Bulan, Bumi yang sedang terbit ini tampak begitu biru dengan semburat warna putih yang memesona. Bentuknya pun bulat sempurna dan terlihat sangat indah. Foto earthrises ini dirilis oleh NASA dari Amerika Serikat berkat bantuan satelit LRO atau Lunar Reconnaissance Orbiter yang tengah mengorbit di sekitar Bulan.

Dalam keterangan resminya, NASA mengungkap bahwa LRO bisa melihat sampai dengan dua belas kali earthrises dalam sehari dari Bulan. Akan tetapi, LRO sendiri terlalu sibuk dalam memetakan permukaan yang ada di Bulan sehingga tidak sempat memotret penampakan earthrises.

Diwartakan Nextren dari Peta Pixel pada Senin (21/12/2015), kali ini satelit LRO berhasil mengabadikan earthrises yang terlihat dalam sebuah foto dengan resolusi tinggi. Sekumpulan foto yang diambil LRO pun diolah NASA melalui sebuah sistem pemrosesan dengan menggabungkan sejumlah informasi resolusi sehingga menghasilkan gambar yang menakjubkan.

Earthrise, Keindahan Foto Bumi melalui Bulan (nasa)

Earthrise, Keindahan Foto Bumi melalui Bulan. (nasa)

Tampak dalam foto tersebut ialah sebagian Bumi yang menyembul di antara gelapnya langit hitam serta sedikit permukaan Bulan pada bagian bawahnya. Bumi tampak berwarna dominan biru cerah dengan motif warna putih. Foto menakjubkan ini pun segera tersebar luas di dunia maya.

Dilihat sekilas, foto itu mungkin akan mengingatkan kita pada sebuah foto legendaris yang berhasil diambil oleh salah satu astronot dari Apollo 8, William Sanders, pada tahun 1968. Kala itu, ketika Apollo 8 tengah dalam misi mengorbit di Bulan, Sanders sempat memotret fenomena earthrises di mana Bumi tampak seolah-olah tengah terbit dari Bulan.

Selain foto earthrises, pada misi penerbangan NASA yang lain tertanggal 14 Juli tahun ini, pesawat ruang angkasa mereka bernama New Horizon berhasil mengambil foto permukaan planet Pluto. Saat itu, New Horizon tengah berada pada jarak sepuluh ribu kilometer dari atas permukaan planet.

Cantiknya Earthrise, Saat Bumi Terbit Dari Bulan,

Rating : 4.62 / 5 dari 13 pengunjung

Berikan vote untuk artikel ini!

Tags:
author

Author: 

Rutinitas kerja di salah satu Bank terkemuka, tidak menyurutkannya untuk tetap menyalurkan hobi jurnalistik di kategori berita Ekonomi, Bisnis, Nasional dan Mancanegara.

Copyright by: