Unik, Natal Tahun ini Akan Dihiasi Peristiwa Full Moon

Fenomena puncak bulan purnama atau full moon dikabarkan akan muncul tepat di tanggal 25 Desember di tahun 2015 ini. Hal ini sekaligus menjadikan perayaan natal tahun 2015 menjadi sangat istimewa, karena fenomena full moon memang sangat jarang terjadi. Fenomena full moon akhirnya muncul kembali setelah tiga puluh delapan tahun, tepatnya pada tahun 1977 lalu. Dikutip dari Moongiant, fenomena full moon ini bisa dilihat tepatnya pukul 18.11 pada 25 Desember hari ini di kawasan Jakarta dan sekitarnya jika cuaca sedang cerah.

Full Moon di hari natal tahun ini juga sudah dikonfirmasi oleh pihak NASA, dimana pihak NASA menyatakan bahwa pada bulan purnama yang akan muncul hari ini akan terjadi peristiwa agopee atau peristiwa dimana posisi bulan berada di titik sekitar 407 ribu km atau dengan kata lain berada di titik paling jauh dari bumi. Sementara peristiwa ketika bulan berada di titik terdekat dengan bumi dinamakan perigee yakni jaraknya sekitar tiga ratus lima puluh enam ribu empat ratus km. Peristiwa agopee di tahun ini sekaligus menjadi purnama paling kecil sejak 11 tahun yang lalu, atau tahun 2004.

Fenomena Alam Full Moon di Malam Natal

Fenomena Alam Full Moon di Malam Natal. (NASA)

Ketika peristiwa perigee terjadi, maka bulan akan nampak terlihat sangat besar atau biasa dikenal dengan peristiwa Supermoon. Mengapa fenomena ini bisa terjadi? Hal ini karena bulan memiliki daerah orbit yang berbeda yakni berbentuk elips. Sepanjang bulan Desember, posisi bulan ada di atas cakrawala dalam waktu yang cukup lama. Ketika itu, bulan akan terlihat lebih terang, pasalnya lintasan bulan tepat berada tinggi di langit.

Di budaya barat, peristiwa bulan purnama di hari natal ini juga tertera dalam kalender pertanian barat yang dikenal dengan nama Full Nights Moon, Full Cold Moon, atau the moon before Yule. Sama halnya dengan komunitas agama Hindu, dimana peristiwa bulan purnama dikenal dengan nama Pournami. Berbeda dengan umat Kristiani, ketika fenomena full moon terjadi umat Hindu kemudian akan melakukan doa bersama dan berpuasa.

Unik, Natal Tahun ini Akan Dihiasi Peristiwa Full Moon,

Rating : 4.58 / 5 dari 12 pengunjung

Berikan vote untuk artikel ini!

Tags:
author

Author: 

Pria tulen yang gemar dengan dunia Teknologi, Gadget, Handphone, Hardware, Software dan Aplikasi.

Copyright by: