Beberapa Pembalap MotoGP yang Tersandung Kasus Pajak

Siapa sangka, Dani Pedrosa seorang yang memiliki banyak prestasi di bidang olahraga MotoGP ternyata tengah terlilit kasus pajak di negara asalnya Spanyol. Dalam data pemerintahan perpajakan Spanyol, terlihat bahwa Dani Pedrosa belum membayar biaya pajak hingga mencapai 7,8 juta euro atau setara dengan 116 miliar rupiah. Hal ini tentu perlu dipertanyakan, pasalnya Pedrosa merupakan salah satu pembalap dengan pendapatan yang cukup tinggi.

Selain Pedrosa, ternyata masih ada pembalap lain yang juga pernah tersangkut dengan kasus pajak. Sebut saja rival Pedrosa, yakni Valentino Rossi yang pada tahun 2007 lalu juga pernah menunggak pajak hingga total seratus dua belas juta euro di Italia. Untuk memberhentikan kasus ini, Rossi akhirnya berdamai dengan pihak pemerintah Italia dengan membayar seluruh tunggakan pajaknya serta uang denda yang mencapai tiga puluh lima juta euro.

Pembalap MotoGP Repsol Honda, Dani Pedrosa

Pembalap MotoGP Repsol Honda, Dani Pedrosa.

Selain Rossi, ada pula Marco Melandri yang pada tahun 2012 lalu tersandung kasus pajak hingga 3.6 juta euro. Atas pelanggaran yang ia  lakukan, Melandri divonis penjara selama 19 bulan meski hingga saat ini hukuman tersebut belum ia jalani. Selain itu, Max Biaggi yang merupakan mantan pembalap MotoGP juga pernah tersandung kasus pajak sebesar 17 juta euro oleh pemerintah Italia pada tahun 2012. Untuk menghindari pembayaran pajak, Biaggi bahkan dikabarkan sempat kabur ke Monte Carlo. Meski suda dibeberkan beberapa bukti, Biaggi menganggap bahwa tuduhan yang diberikan padanya ini sangat dibuat-buat, pasalnya ia sudah tinggal lama di Monte Carlo bahkan sejak tahun 1992.

Terakhir, ada Loris Capirossi yang juga sempat dituduh melalaikan pajak pemerintah Italia di tahun 2002 lalu yakni sebesar satu koma tiga juta euro. Investigator bahkan menduga tunggakan pajak Capirossi mencapai angka dua belas juta euro hingga tahun 2000. Keberatan dengan tuduhan ini, pihak pengacara Capirossi membantah dengan tegas dan akhirnya ia terkena denda sebesar 2 juta euro di tahun 2010 oleh pengadian Italia. Itulah beberapa daftar pembalap MotoGP yang ternyata juga pernah terjerat kasus pajak.

Beberapa Pembalap MotoGP yang Tersandung Kasus Pajak,

Rating : 4.33 / 5 dari 12 pengunjung

Berikan vote untuk artikel ini!

Tags:
author

Author: 

Berita di kategori Sport merupakan santapan pria yang hobi memancing ikan ini.

Copyright by: