Tak Kuat Tahan Beban Ratusan Orang, Jembatan Taman Kota Ambruk

Jembatan gantung yang terletak di Taman Hutan Kota Provinsi Aceh, tepatnya di Kota Langsa, ambruk setelah terlebih dahulu mengalami putus tali pada hari Sabtu (26/12/2015). Ratusan warga yang berada di jembatan pun terjatuh ke dalam sungai buatan di bawah jembatan yang kedalamannya mencapai 4 meter.

Berdasarkan informasi yang beredar, musibah itu terjadi lantaran jembatan hanya kuat menahan beban sebanyak empat puluh orang. Sementara pada saat kejadian berlangsung, terdapat sedikitnya seratus orang yang berjalan di atas jembatan. Muatan berlebih itulah yang membuat jembatan akhirnya tidak kuat menahan beban dan ambruk.

Hal ini terjadi karena banyaknya pengunjung Hutan Kota terkait dengan libur panjang menyambut Natal dan Tahun Baru. Salah seorang warga menuturkan bahwa pengunjung di musim liburan seperti sekarang ini memang lebih banyak jumlahnya jika dibandingkan dengan hari biasa.

Jembatan Taman Kota Langsa Aceh Ambruk (youtube)

Jembatan Taman Kota Langsa Aceh Ambruk. (youtube)

Sementara itu, pihak pengelola Hutan Kota menyebut jika tidak ada korban jiwa dalam musibah tersebut. Hanya ada sekitar delapan orang yang mengalami luka ringan dan langsung dilarikan ke rumah sakit terdekat. Ambruknya jembatan juga diakibatkan oleh para warga yang tidak mengindahkan imbauan tentang jumlah maksimal orang yang bisa ditampung di atas jembatan.

“Pengunjung tidak mau dengar, ada sekitar seratus orang yang memadati jembatan sehingga akhirnya jembatan roboh,” ungkap Edi Phona, petugas Taman Kota. Ditambahkan Edi, kembatan ambruk setelah sebelumnya tali seling tidak kuat dalam menahan beban. Tali jembatan putus dan akhirnya jembatan pun ambruk.

Pihak Taman Kota bergegas melakukan pertolongan serta evakuasi pada warga yang terjatuh ke sungai. Kepolisian Resor Langsa juga telah membenarkan kejadian ini dan mengatakan sebanyak delapan orang terluka ringan akibat benturan.

Di musim liburan, objek-objek wisata memang akan penuh oleh pengunjung melebihi hari-hari biasanya. Banyaknya wisatawan kadang akan membuat peraturan yang ada di tiap objek wisata tidak lagi diindahkan karena berjejalan dengan begitu banyak orang. Padahal, peraturan yang berlaku dimaksudkan untuk menjaga keselamatan pengunjung. Tetap waspada dan mematuhi peraturan akan menjauhkan kita dari bahaya di objek wisata yang mungkin terjadi.

Tak Kuat Tahan Beban Ratusan Orang, Jembatan Taman Kota Ambruk,

Rating : 4.58 / 5 dari 12 pengunjung

Berikan vote untuk artikel ini!

Tags:
author

Author: 

Rutinitas kerja di salah satu Bank terkemuka, tidak menyurutkannya untuk tetap menyalurkan hobi jurnalistik di kategori berita Ekonomi, Bisnis, Nasional dan Mancanegara.

Copyright by: