Menpora Jamin Indonesia Jadi Tuan Rumah MotoGP Selama Tiga Musim

Jakarta – Menpora Imam Nahrawi memastikan jika Indonesia akan menjadi tuan rumah dari ajang balap motor paling akbar, MotoGP, mulai dari musim balap 2017 dua tahun mendatang. Sebelumnya memang sempat ada keraguan terkait kabar yang berhembus bahwa Dorna akan mengalihkan penyelenggaraan MotoGP Indonesia ke Finlandia.

Indonesia sendiri pernah menggelar MotoGP di tahun 1997, tepatnya di Sirkuit Sentul. Pada musim balap di tahun tersebut, kelas 500cc dimenangkan rider asal Jepang, Tadayuki Okada. Sementara kelas 125cc dimenangkan oleh legenda hidup balap motor MotoGP yang masih aktif hingga kini, Valentino Rossi.

“Insya Allah keputusan presiden nanti akan selesai pada awal bulan Januari. Nanti akan diberikan kepastian dan wewenang khusus kepada Menpora sebaga lembaga terkait,” ujar Imam Nahrawi dalam acara Refleksi Akhir Tahun yang diadakan di Kantor Kemenporan, Senin (28/12/2015).

Menteri Pemuda dan Olahraga, Imam Nahrawi (kompas)

Menteri Pemuda dan Olahraga, Imam Nahrawi. (kompas)

Beberapa waktu belakangan memang sempat tersiar kabar bahwa Dorna Sports selaku penyelenggara balap MotoGP merasa kurang puas dengan segala persiapan yang telah dilakukan Indonesia terkait MotoGP 2017. Kabar lain yang beredar adalah bahwa Dorna akan mengalihkan Indonesia sebagai tuan rumah MotoGP menjadi Finlandia.

Namun, isu ini telah dibantah secara langsung oleh Kemenpora. Dinyatakan pula bahwa Indonesia pasti akan menggelar MotoGP setidaknya selama tiga tahun berturut-turut. “Informasi yang beredar itu katanya Indonesia akan diganti menjadi Finlandia Tapi kami telah mendapat korespondensi yang menyatakan bahwa Indonesia pasti dapat jadwal di 2017,” ujarnya.

“Negara lain mungkin tengah melakukan berbagai upaya supaya dapat melemahkan kami. Tapi bisa kami pastikan bahwa MotoGP 2017, 2018 dan 2019 pasti akan diselenggarakan di negara Indonesia,” pungkasnya. Beberapa negara lain yang dikabarkan akan menjadi pengganti Indonesia selain Finlandia adalah Brazil, Thailand hingga Kazakhstan.

Wacana tentang akan diadakannya MotoGP 2017 telah mulai mengemuka sejak beberapa bulan belakangan. Sirkuit Sentul dikabarkan akan mulai diperbaiki supaya layak dipakai untuk balapan kelas internasional. Selain itu, penggemar MotoGP yang terbilang sangat banyak jumlahnya di Indonesia menjadi salah satu faktor tersendiri mengapa Indonesia akan sangat potensial jika dijadikan tuan rumah MotoGP.

Menpora Jamin Indonesia Jadi Tuan Rumah MotoGP Selama Tiga Musim,

Rating : 4.58 / 5 dari 12 pengunjung

Berikan vote untuk artikel ini!

Tags:
author

Author: 

Berita di kategori Sport merupakan santapan pria yang hobi memancing ikan ini.

Copyright by: