Emma Supple: Waspadai Bahaya Pemakaian High Heels

High heels atau sepatu hak tinggi menjadi salah satu item fashion yang wajib dimiliki oleh kaum hawa. Pemakaian high heels akan mampu menunjang penampilan, terutama memberikan efek supaya kaki terlihat lebih jenjang sehingga penggunanya akan terlihat lebih tinggi. High heels terutama banyak digunakan oleh wanita kantoran.

Namun, walaupun bisa digunakan untuk membantu menunjang penampilan, pemakaian high heels terutama dalam kurun waktu yang lama juga bisa menyebabkan gangguan kesehatan tersendiri. Rasa sakit yang datang dalam jangka pendek maupun jangka panjang adalah salah satu bahaya yang harus diwaspadai dari pemakaian sepatu hak tinggi ini.

Dikutip dari DailyMail pada Senin (28/12/2015), terdapat dua bahaya dari pemakaian high heels, seperti diuraikan oleh Emma Supple selaku ahli serta konsultan penyakit khusus bagian kaki atau podiatrist.

Waspadai penggunaan High Heels secara berkelanjutan (fashioniw)

Waspadai penggunaan High Heels secara berkelanjutan. (fashioniw)

Bahaya pertama adalah adanya kaki terkilir sebagai akibat dari pemakaian stiletto. Stiletto adalah salah satu jenis high heels yang terbilang ekstrem karena bagian haknya sangat ramping dan juga meruncing ke bawah. Tinggi hak stiletto pun bisa mencapai sepuluh sentimeter. Berjalan berjinjit dengan menggunakan sepatu seperti ini adalah tidak wajar. Jika tumit tidak stabil, bisa terjadi keseleo pada pergelangan kaki.

Keseleo pada kaki ini akan mengakibatkan kaki menjadi bengkak di bagian ligamen serta bagian luar dari pergelangan kaki. Pemakaian stiletto pada jangka panjang juga bisa meningkatkan resiko terjadinya osteoarthritis pada bagian lutut hingga memburuknya postur tubuh.

Bahaya kedua dari pemakaian sepatu hak tinggi ialah terjadinya memar karena sepatu model backless. Pemakaian sepatu ini memang bisa memberi efek kaki jenjang, namun meningkatkan resiko terjadinya nyeri dalam jangka pendek, memar, kapalan hingga kulit pecah-pecah.

Untuk meminimalisir resiko dari pemakaian high heels ini, pastikan untuk mengganti high heels dengan flatshoes atau sepatu tanpa hak jika mulai merasa pegal atau sakit pada kaki. Dan jika rasa nyeri di kaki berlangsung lebih lama, segera hentikan pemakaian high heels dan lakukan langkah penanganan pertama dengan berkonsultasi pada dokter.

Emma Supple: Waspadai Bahaya Pemakaian High Heels,

Rating : 4.58 / 5 dari 12 pengunjung

Berikan vote untuk artikel ini!

Tags:
author

Author: 

Aktif dan masih menjadi tenaga pengajar di salah satu sekolah menengah umum. Menulis untuk kategori berita Kesehatan, Pendidikan, Berita Nasional dan info Lowongan Kerja.

Copyright by: