Kepulangan Din Minimi Disambut Keluarga dan Warga

Aceh Timur – Din Minimi atau yang memiliki nama asli Nurdin bin Ismail, pemimpin dari kelompok bersenjata yang ada di Aceh ini disambut oleh keluarga dan warga desa secara hangat. Din kembali ke kampung halamannya di Desa Ladang Baro yang ada di Kecamatan Julok, wilayah Kabupaten Aceh Timur.

Din diketahui telah turun gunung serta kembali ke kediaman kedua orangtuanya di hari Senin malam. Sebelumnya, ia telah menghabiskan waktu selama kurang lebih empat tahun di hutan wilayah Aceh Timur. Tujuannya berada di sana adalah untuk bersembunyi. Namun akhirnya Din menyerahkan diri setelah sebelumnya bertemu Kepala Badan Intelijen Negara, Sutiyoso.

Tak hanya itu, Din juga turut serta menyerahkan hingga puluhan senjata api yang biasa ia gunakan bersama dengan komplotannya. Namun, Din mengungkap bahwa kepulangannya ke rumah adalah bukan dalam rangka untuk menyerahkan diri. Ia bahkan mengungkap bahwa ada perlakuan timbal balik sebagai harapannya dari pemerintah pusat di Jakarta.

Kelompok bersenjata Din Minimi (statusaceh)

Kelompok bersenjata Din Minimi. (statusaceh)

Lebih lanjut, Din sadar bahwa kepulangannya selama ini merupakan harapan dari berbagai pihak. Ia mengucapkan terimakasih kepada semua masyarakat yang telah mendukungnya. Terkait dengan kepulangan Din, pihak Kapolsek akan segera memproses pelanggaran yang selama ini dilakukan oleh kelompok bersenjata di bawah kepemimpinannya.

Din dinilai bersalah atas berbagai tindak kejahatan, termasuk di dalamnya adalah pembunuhan dua orang anggota Intel Kodim Aceh Utara tertanggal Senin, 23 Maret lalu. Selain itu masih ada pula tindak perampokan dan lain-lain. Tercatat, terdapat sembilan laporan terkait dengan kejahatan yang selama ini telah dilakukan oleh Din.

Banyaknya kasus yang dialami Din membuat BIN akan menyerahkan Din ke pihak kepolisian guna menjalankan segala proses hukum yang harus dilaluinya. Namun, belakangan terdapat wacana amnesti untuk Din. Akan tetapi isu akan adanya pengampunan tersebut dibantah oleh Kapolsek, dan proses hukum akan tetap dilanjutkan.

Keberhasilan negosiasi dengan Din sampai akhirnya ia menyerahkan diri membuat Kepala BIN, Sutiyoso, kini memiliki target lain. Diakui oleh dirinya bahwa pihaknya ingin menggunakan pendekatan yang sama untuk OPM yang bermarkas di Papua.

Kepulangan Din Minimi Disambut Keluarga dan Warga,

Rating : 4.64 / 5 dari 14 pengunjung

Berikan vote untuk artikel ini!

Tags:
author

Author: 

Rutinitas kerja di salah satu Bank terkemuka, tidak menyurutkannya untuk tetap menyalurkan hobi jurnalistik di kategori berita Ekonomi, Bisnis, Nasional dan Mancanegara.

Copyright by: