PT BTN: Masyarakat Dengan Penghasilan Tidak Tetap Bisa Dapat KPR

Jakarta – PT BTN telah mempersiapkan fasilitas KPR khusus bagi masyarakat yang memiliki penghasilan tidak tetap. Hal ini disampaikan secara langsung oleh Maryono selaku Direktur Utama BTN. Menurutnya, fasilitas terbaru ini akan mulai diterapkan pada 2016 mendatang.

Fasilitas KPR khusus untuk masyarakat dengan penghasilan tidak tetap akan diberlakukan mulai kuartal pertama tahun depan. Tujuan dari diadakannya fasilitas ini adalah untuk memperluas akses bagi masyarakat dalam memiliki hunian yang layak.

“Kuartal pertama 2016 diharapkan sudah meluncur program KPR khusus untuk masyarakat yang penghasilannya tidak tetap, baik untuk sektor formal ataupun sektor informal. Saat ini produknya masih dalam proses,” ungkap Maryono pada Selasa (28/12/2015).

Masyarakat Dengan Penghasilan Tidak Tetap Bisa Dapat KPR (duitpintar)

Masyarakat Dengan Penghasilan Tidak Tetap Bisa Dapat KPR. (duitpintar)

Sementara untuk spesifikasi produk KPR yang akan ditawarkan, Maryono mengatakan bahwa pihaknya akan menjalin kerjasama dengan kementerian yang terkait, yaitu Kementerian PU serta Perumahan Rakyat. Selain kerjasama tersebut, akan dibentuk pula anak perusahaan baru dari perseroan.

Dibentuknya anak perusahaan ini dimaksudkan agar pengelolaan KPR bisa tersentralisasi. Bentuk dari anak perusahaan ini sendiri berupa pembiayaan ataupun multi finance. Perusahaan baru ini akan secara khusus mengelola KPR beserta segala hal yang masih ada kaitannya dengan program baru dari BTN tersebut.

“Kita akan adakan anak perusahaan dengan bentuk multi finance. Anak perusahaan ini khusus bagi perumahan yang ditujukan untuk masyarakat berpenghasilan tidak tetap. Fungsinya adalah untuk mengelola berbagai bentuk penagihan dan lain-lain,” terang Maryono.

Dijelaskan pula olehnya bahwa anak perusahaan baru ini akan sejalan dengan adanya relaksasi aturan yang diberlakukan OJK terkait dengan perusahaan pembiayaan. Di dalam aturan itu, disebutkan bahwa perusahaan pembiayaan juga dapat melakukan proses pembiayaan kepada KPR.

Adanya KPR khusus bagi masyarakat dengan penghasilan yang tidak tetap pastinya akan menjadi harapan baru untuk sebuah hunian yang layak, terutama bagi masyarakat kelas menengah ke bawah. Program KPR ini akan sangat membantu meringankan beban sekaligus meningkatkan taraf hidup ke arah yang lebih baik. Sebelum program ini mulai bergulir, hanya masyarakat dengan penghasilan tetap saja yang bisa mengajukan KPR.

PT BTN: Masyarakat Dengan Penghasilan Tidak Tetap Bisa Dapat KPR,

Rating : 4.54 / 5 dari 13 pengunjung

Berikan vote untuk artikel ini!

Tags:
author

Author: 

Rutinitas kerja di salah satu Bank terkemuka, tidak menyurutkannya untuk tetap menyalurkan hobi jurnalistik di kategori berita Ekonomi, Bisnis, Nasional dan Mancanegara.

Copyright by: