Ketahui Manfaat Konsumsi Kopi Secara Teratur

Penggemar kopi kerap kali dihinggapi dilema lantaran kopi dianggap memiliki beberapa dampak negatif, di antaranya adalah menyebabkan insomnia. Akan tetapi, ternyata kopi justru memiliki banyak manfaat bagi tubuh. Hal ini dikarenakan minuman kopi mengandung antioksidan dalam jumlah yang tinggi serta sederet nutrisi lain yang berfungsi bagi kesehatan.

Kandungan nutrisi dalam kopi antara lain adalah vitamin B, panthothenic acid, riboflavin, mangan, potasium, magnesium serta niasin. Sementara kandungan terpenting serta utama dalam kopi adalah kafein. Dilansir dari Boldsky, berikut adalah beberapa manfaat dari konsumsi kopi secara teratur.

Manfaat Kopi Bagi Kesehatan

Manfaat Kopi Bagi Kesehatan.

Yang pertama adalah kopi mampu untuk meningkatkan energi. Manfaat ini bisa didapat berkat kafein yang terdapat dalam kopi. Selain meningkatkan energi, kafein juga memiliki manfaat lain untuk meningkatkan konsentrasi serta kinerja fisik.

Kedua adalah untuk melawan depresi. Manfaat ini diperoleh dari adanya antioksidan di dalam kopi. Salah satu fungsi dari antioksidan adalah sebagai anti depresan sehingga mampu menaikkan mood seseorang supaya lebih bahagia. Konsumsi kopi sebanyak dua sampai dengan tiga cangkir tiap harinya akan mampu menurunkan resiko terjadinya depresi.

Manfaat lain yang bisa didapat dari kopi adalah untuk menurunkan resiko kencing manis atau diabetes. Konsumsi kopi ternyata mampu menurunkan resiko diabetes khusus tipe 2. Ini karena adanya polifenol serta asam klorogenat yang terdapat dalam kopi. Kedua kandungan ini mampu mengontrol kadar gula yang ada pada penderita diabetes.

Selain itu, rutin konsumsi kopi di sore hari ternyata mampu juga untuk menurunkan berat badan. Hal ini dikarenakan konsumsi kopi di waktu sore hari mampu mengurangi hasrat ngemil serta makan makanan manis yang berpotensi menaikkan berat badan. Kopi juga memiliki fungsi sebagai perangsang panas tubuh di mana ini bisa membantu proses pembakaran kalori.

Bahkan, konsumsi kopi juga baik untuk organ jantung. Resiko gangguan pada kardiovaskular dapat dikurangi jika seseorang rutin mengonsumsi kopi. Resiko penyakit lain seperti stroke juga bisa menurun hingga dua puluh persen. Menilik semua kebaikan kopi di atas, maka sudah sebaiknya kopi tidak menjadi minuman yang dihindari.

Ketahui Manfaat Konsumsi Kopi Secara Teratur,

Rating : 4.50 / 5 dari 12 pengunjung

Berikan vote untuk artikel ini!

Tags:
author

Author: 

Aktif dan masih menjadi tenaga pengajar di salah satu sekolah menengah umum. Menulis untuk kategori berita Kesehatan, Pendidikan, Berita Nasional dan info Lowongan Kerja.

Copyright by: