Maria Herrera, Calon Pembalap Wanita Pertama di MotoGP

Jakarta – Dunia balap motor hampir identik dengan kaum adam, mengingat dari keseluruhan pembalap yang bertanding mulai dari kelas terendah hingga kasta tertinggi pasti adalah laki-laki. Kehadiran wanita di arena kebut-kebutan umumnya hanya sebagai pemanis, seperti umbrella girl atau gadis pembawa champagne di podium.

Namun kini, anggapan itu akan segera berubah terkait dengan masuknya Maria Herrera di kelas Moto3. Pembalap asal Spanyol itu bahkan difavoritkan untuk turut berlaga di kelas tertinggi yakni MotoGP. Kehadirannya di ajang balap motor paling bergengsi itu akan memecah rekor tiga puluh tiga tahun balapan tanpa ada satupun pembalap wanita yang berlaga.

Maria Herrera, Calon Pembalap Wanita Pertama di MotoGP

Maria Herrera, Calon Pembalap Wanita Pertama di MotoGP.

“Masuk kelas MotoGP adalah impian dari semua pembalap. Akan tetapi saya akan memfokuskan diri terlebih dahulu pada kelas Moto3. Saya ingin meraih kemenangan di kelas ini. Lalu barulah saya akan meningkat menuju fase selanjutnya, dan saya juga akan memikirkan untuk masuk ke kelas MotoGP,” tuturnya pada Motorsport.

Nama Maria Herrera sendiri sudah menjadi perbincangan hangat di tengah pecinta balap MotoGP sejak tahun 2012. Kala itu, ia menjadi satu-satunya rider perempuan yang berhasil menjadi pemenang pada ajang CEV Repsol yang bertempat di Sirkuit Aragon, Spanyol. Dua tahun berselang, dirinya kembali memenangkan ajang serupa yang dihelat di Sirkuit Navarra.

Maria juga tercatat pernah memenangi laga CEV Repsol di Sirkuit Jerez, di mana kemenangannya kala itu membuatnya mendapat wilcard guna tampil pada kelas Moto3. Pada musim balap 2015 lalu, ia akhirnya menjadi pembalap penuh bagi tim Laglisse. Ketika ditanya mengenai sangat sedikitnya jumlah pembalap wanita, Maria mengatakan jika hal itu dikarenakan wanita terlalu sering membandingkan diri sendiri dengan wanita lainnya.

“Mungkin karena perbandingan-perbandingan itulah wanita tidak bisa berkembang. Saya hampir selalu membandingkan diri sendiri dengan pria, dan saya berkembang dengan hal tersebut. Saya tidak membandingkan diri saya dengan wanita yang lain,” tutup Maria.

Pembalap wanita lain yang pernah turun di MotoGP Selain Maria adalah Gina Bovaird pada tahun 1982. Namun, kala itu Gina hanya sempat mencicipi balapan di salah satu seri saja.

Maria Herrera, Calon Pembalap Wanita Pertama di MotoGP,

Rating : 4.58 / 5 dari 12 pengunjung

Berikan vote untuk artikel ini!

Tags:
author

Author: 

Berita di kategori Sport merupakan santapan pria yang hobi memancing ikan ini.

Copyright by: