Perusahaan Keluarga Jusuf Kalla Rambah PLTA

Jakarta – Perusahaan yang dimiliki oleh keluarga Wakil Presiden Republik Indonesia Jusuf Kalla, PT BUKK (Bukaka Teknik Utama), akan turut merambah bisnis di bidang PLTA (Pembangkit Listrik Tenaga Air). Adanya usaha baru ini adalah berkat penyerapan penerbitan saham dari PT Kerinci Merangin Hidro dari PT Bukaka Mega Investama.

Menilik prospektus ringkas dari PT BEI (Bursa Efek Indonesia) pada Kamis (31/12/2015), disebutkan bahwa BMI merupakan sebuah anak usaha berbentuk perseroan. Perusahaan ini nantinya akan menyerap saham-saham baru terbitan dari KMH sampai dengan nyaris lima ratus miliar rupiah.

Pihak manajemen dari PT BUKK menyatakan bahwa transaksi yang dilakukan berupa material karena ada nilainya yang setara dengan empat puluh tiga koma lima puluh empat persen ekuitas perseroan. Per tanggal 31 Desember 2014, keseluruhan ekuitas PT BUKK sampai dengan satu koma empat belas triliun rupiah.

Perusahaan Listrik Negara

Perusahaan Listrik Negara. (PLN)

Transaksi ini sendiri akan dilakukan dengan cara bertahap, di mana investasi pertama yang ditanam memiliki nilai empat puluh sembilan koma lima miliar atau setara dengan empat koma tiga puluhs atu persen total ekuitas perseroan. Pada tahap kedua, besarnya investasi BMI dalam KMH akan disesuaikan dengan modal yang dibutuhkan KMH.

Secara keseluruhan, perseroan dengan perantara BMI akan mengakuisisi hingga dua puluh lima persen dari total saham KMH. Transaksi ini dilakukan karena perseroan dengan perantara BMI memiliki rencana untuk semakin mengembangkan bisnis PLTA dengan hanya menyerap sebagian saham di dalam KMH.

Lebih lanjut, perseroan juga turut serta menyukseskan program yang dicanangkan pemerintah yaitu tiga puluh lima ribu megawatt serta memfokuskan diri pada pembangkit listrik yang menggunakan energi baru serta terbarukan. Kesuksesan program inilah yang akan berusaha dicapai lewat anak usaha baru tersebut.

Di dalam dokumen tersebut juga turut dituliskan mengenai transaksi akan turut memberikan nilai plus untuk semua pemegang saham yang ada di PT BUKK. Adanya transaksi diharapkan mampu memberi manfaat dalam jangka panjang untuk semua pemegang saham lewat investasi BMI. KMH juga telah menandatangani nota kesepahaman bersama PT PLN (Persero) terkait pembelian listrik yang bersumber dari KMH.

Perusahaan Keluarga Jusuf Kalla Rambah PLTA,

Rating : 4.42 / 5 dari 12 pengunjung

Berikan vote untuk artikel ini!

Tags:
author

Author: 

Rutinitas kerja di salah satu Bank terkemuka, tidak menyurutkannya untuk tetap menyalurkan hobi jurnalistik di kategori berita Ekonomi, Bisnis, Nasional dan Mancanegara.

Copyright by: