Sembilan Penyebab Depresi Ini Seringkali Tidak Disadari Penderitanya

Depresi memang bisa datang dengan beragam bentuk, mulai dari depresi ringan sampai dengan depresi berat yang bisa melemahkan siapa saja. Hal ini diungkapkan oleh Josie Znidarsic selaku dokter keluarga yang berasal dari klinik Cleveland. Penyebab depresi sendiri sangat bermacam-macam, salah satunya adalah faktor genetik.

Selain warisan genetik, terdapat beberapa penyebab depresi lain yang mungkin selama ini tidak kita sadari. Pertama adalah karena penyakit kronis. Mengidap suatu penyakit tertentu dalam jangka waktu lama bisa memicu depresi, terutama penyakit jantung, kanker serta diabetes.

Penyebab depresi selanjutnya adalah merokok. Perokok memiliki kemungkinan lebih besar dalam mengalami depresi serta kegelisahan dibandingkan mereka yang tidak merokok. Perokok sebagian besar akan merasa cemas jika mereka tidak memiliki rokok.

Faktor dan Penyebab Depresi

Faktor dan Penyebab Depresi. (ilustrasi: flickr)

Menggunakan jejaring sosial secara berlebihan juga bisa menyebabkan depresi. Hal ini dikarenakan seorang pengguna aktif di media sosial akan cenderung untuk membandingkan dirinya dengan orang lain. Bahkan, membandingkan diri sendiri dengan tetangga dengan hidup di daerah perkotaan juga bisa menjadi penyebab depresi selanjutnya.

Faktor kelima yang bisa menyebabkan depresi ialah diet, terutama diet yang tidak mementingkan keseimbangan gizi serta kalori dalam tubuh. Kekurangan nutrisi akan mampu mengakibatkan pelaku diet mengalami depresi.

Kurang bergerak dan terlalu sering duduk ternyata juga mampu menyebabkan depresi. Untuk itu, para ahli menyarankan agar rajin berolahraga guna meningkatkan mood di samping membuat tubuh kian bugar. Selain kurang gerak, kurang tidur juga bisa membuat depresi cepat muncul. Bahkan, kekurangan tidur dapat memicu penyakit jantung.

Selain itu, ada pula penelitian yang menunjukkan bahwa depresi disebabkan oleh adanya radang otak atau respon secara alami dari otak dalam rangka melindungi dirinya. Radang otak bahkan terjadi lebih besar sebanyak tiga puluh persen pada penderita depresi.

Faktor penyebab depresi yang terakhir adalah terlalu egois pada diri sendiri. Hal ini terjadi saat seseorang terlalu mementingkan orang lain dan akhirnya lupa pada dirinya sendiri. Kekurangan waktu untuk bersantai dan menikmati waktu seorang diri sangat mungkin menjadi penyebab depresi.

Sembilan Penyebab Depresi Ini Seringkali Tidak Disadari Penderitanya,

Rating : 4.58 / 5 dari 12 pengunjung

Berikan vote untuk artikel ini!

Tags:
author

Author: 

Aktif dan masih menjadi tenaga pengajar di salah satu sekolah menengah umum. Menulis untuk kategori berita Kesehatan, Pendidikan, Berita Nasional dan info Lowongan Kerja.

Copyright by: