Waspada Bahaya Bakteri Salmonella pada Telur Setengah Matang

Kesehatan – Kebiasaan mengkonsumsi telur setengah matang ternyata dikategorikan sebagai salah satu degradasi sistem imun tubuh. Selama ini kita menganggap bahwa kebiasaan mengkonsumsi telur goreng atau telur rebus setengah matang merupakan hal yang wajar. Namun ternyata, ada dampak negative yang diperoleh tubuh ketika kita terlalu sering mengkonsumsi telur setengah matang.

Berdasarkan riset, bakteri Salmonella dapat tumbuh pada cairan telur dan bakeri ini hanya akan mati jika kita memasak telur hingga benar-benar matang. Sebagai konsekuensinya, bakteri Salmonella dapat berisiko menyebabkan saluran pencernaan terganggu seperti diare, muntah-muntah dan bahkan dalam beberapa kasus penderita akan mengeluarkan darah ketika buang air besar.

Bahaya Telur Setengah Matang

Bahaya Telur Setengah Matang.

Lalu, apakah kita dilarang mengkonsumsi telur setengah matang? Dilansir dalam laman Seruu.com, kita diperbolehkan untuk mengkonsumsi telur setengah matang asalkan telur dalam kondisi yang benar-benar bersih. Memastikan bagian cangkang telurnya bersih saja ternyata tidak cukup, pastikan juga bahwa kuning dan putih telur bersih tanpa ‘noda’.

Jangan lupa untuk meletakkan telur pada tempat yang aman dan terhindar dari bakteri dari luar. Pemakaian mesin pendingin merupakan cara terbaik untuk menjaga telur terhindar dari bakteri lain. Sebaiknya, simpan telur di lemari pendingin pada suhu kurang dari 4 derajat celcius agar bakteri tidak berkembang biak dan menyebar dengan cepat.

Jangan lupa untuk membuang telur jika Anda tidak mengkonsumsinya 3 minggu setelah dibeli. Pada kondisi normal, telur yang tidak dierami selama lebih dari 3 minggu akan membusuk dan tidak layak untuk dikonsumsi.

Pada dasarnya, tubuh manusia telah didesain khusus agar tahan dengan berbagai jenis bakteri, bahkan termasuk Kanker. Namun jika dalam kondisi lemah, bakteri Salmonella bisa menghancurkan sistem imun tubuh hingga tubuh mulai demam dan penderita pun mulai merasakan sakit kepala.

Oleh sebab itu, jangan biarkan orang tua atau anak yang sedang sakit mengkonsumsi telur mentah atau setengah matang. Bakteri Salmonella akan berkembangbiak dengan cepat jika sistem imun tubuh dalam kondisi yang rentan. Pastikan anda menggoreng atau merebus telur hingga matang untuk membunuh bakteri jahat pada telur.

Waspada Bahaya Bakteri Salmonella pada Telur Setengah Matang,

Rating : 4.43 / 5 dari 14 pengunjung

Berikan vote untuk artikel ini!

Tags:
author

Author: 

Aktif dan masih menjadi tenaga pengajar di salah satu sekolah menengah umum. Menulis untuk kategori berita Kesehatan, Pendidikan, Berita Nasional dan info Lowongan Kerja.

Copyright by: