Penyidik Kantongi Identitas Penembak Kontraktor Wijaya Kusuma

MUARA ENIM – Kasus penembakan terhadap Wijaya Kusuma alias Jaya (44) sudah mulai menemukan titik terang. Soalnya penyidik sudah mengantongi identitas pelaku penembak korban yang terjadi di bedeng belakang Panca Motor, Jalan Sudirman, Gang Abadi, Muara Enim itu.

Hal ini tidak lepas dari kerja keras penyidik Satreskrim Polres Muara Enim yang terus berkoordinasi dengan Subdenpom Muara Enim untuk mengungkap pelaku penembakan tersebut.

“Arahnya ke mana sudah ada, siapa yang dicurigai sudah ada dan identitas pelakunya sudah kita kantongi. Kita masih mengumpulkan alat bukti. Kita juga telah memintai keterangan sebanyak delapan orang saksi terkait kasus penembakan itu,” ujar Kapolres Muara Enim, AKBP Nuryanto SIK MSI didampingi Kasat Reskrim AKP M Khalid Zulkarnain dan Kasubag Humas Iptu Arsyad, di sela acara peringatan maulid Nabi di Aula Mapolres, Kamis (7/1).

Kontraktor di bunuh karena masalah hutang piutang

Kontraktor di bunuh karena masalah hutang piutang. (kahaba)

Menurutnya, jika dalam penyidikan yang dilakukan ternyata pelakunya mengarah kepada oknum aparat, maka berkas perkaranya akan dilimpahkan kepada Polisi Militer untuk memproses hukumnya. Namun jika pelakunya masyarakat sipil, maka ditangani penyidik Reskrim.

Dijelaskannya, pada penyidikan yang dilakukan, motif keributan antara korban dan pelaku diduga masalah utang piutang. Hanya saja, pihaknya masih enggan menjelaskan secara rinci permasalahan utang piutang yang dimaksud. “Yang jelas dugaan sementara keributan itu bermotif masalah utang piutang,” jelas Kapolres.

Saat ditanya, apakah kasus penembakan tersebut ada unsur perencanaan, menurut Nuryanto, kemungkinan besar tidak direncanakan. “Jika melihat kejadiannya, penembakan itu dilakukan secara spontanitas, tidak direncanakan,” imbuhnya.

Pihaknya telah melakukan uji balistik terhadap proyektil peluru yang berhasil diambil di tubuh korban. Senjata yang digunakan pelaku diduga rakitan. Apalagi di Muara Enim masih banyak beredar senjata rakitan.

Kata Nuryanto, senjata rakitan yang diserahkan masyarakat ke Pada Polres Muara Enim sudah cukup banyak mencapai 461 pucuk senpira. Imron, adik korban mengatakan, pihaknya terus berkoordinasi dengan polisi dalam setiap perkembangan penyelidikan pelaku penembakan. “Kata polisi ini bukan kasus biasa, informasi sedikit saja nanti dikabari ke pihak keluarga,”ucapnya.

Kemudian Zulkarnain, salah seorang adik korban menambahkan, bahwa kakaknya sudah puluhan tahun bekerja sebagai kontraktor di Muara Enim. Dia jarang keluar rumah dan terkadang hanya pergi ke rumah orang tuanya di Komplek Kopel Tangsi, Muara Enim dan keluar mancing.

“Aku dapat keterangan dari warga, kalau setelah ditembak, kakak aku sempat teriak minta tolong dan bertakbir dua kali,” ujarnya. Pihak keluarga berharap pelaku yang melarikan diri segera ditangkap.(amr)

Penyidik Kantongi Identitas Penembak Kontraktor Wijaya Kusuma,

Rating : 4.58 / 5 dari 12 pengunjung

Berikan vote untuk artikel ini!

Tags:
author

Author: 

Rutinitas kerja di salah satu Bank terkemuka, tidak menyurutkannya untuk tetap menyalurkan hobi jurnalistik di kategori berita Ekonomi, Bisnis, Nasional dan Mancanegara.

Copyright by: