Jakius Sinyor: Presiden Akan Resmikan Jembatan Trans Kalimantan Bersama SBY

Pontianak – Jembatan Tayan dengan panjang seribu empat ratus lima puluh meter sebagai jembatan trans Kalimantan penghubung Kalimantan Barat dengan semua kawasan pulau Kalimantan akan diresmikan Presiden Republik Indonesia Joko Widodo atau yang kerap disapa Jokowi. Tak hanya Presiden, mantan presiden Indonesia, Susilo Bambang Yudhoyono, juga akan turut hadir dalam peresmian itu.

Hal ini disampaikan langsung oleh Jakius Sinyor selaku Kadis PU Kalimantan Barat. “Jembatan Tayan rencananya akan diresmikan Presiden Jokowi serta Bapak SBY. Nanti hadir pula Gubernur Kalimantan Barat. Sudah dikoordinasi secara langsung untuk acara peresmian ini,” ungkapnya pada Jumat (8/1/2016).

Lebih lanjut, Jakior menjelaskan bahwa jembatan tersebut telah dibangun selama tiga tahun serta menelan biaya sampai dengan sembilan ratus miliar rupiah. Peresmiannya nanti akan bertepatan dengan Hari Ulang Tahun Pemerintah Provinsi Kalimantan Barat yang jatuh pada tanggal 28 Januari.

“Kami memang berencana untuk melakukan peresmian oleh Presiden serta mantan Presiden. Waktunya juga disesuaikan dengan Hari Ulang Tahun Pemerintah Provinsi Kalimantan Barat. Kami harap semuanya akan berjalan sesuai dengan rencana,” ungkapnya.

Rancangan Jembatan SYETAYAN Kalimantan Barat

Rancangan Jembatan SYETAYAN Kalimantan Barat. (youtube)

Christiandy Sandjaya selaku wakil gubernur Kalimantan Barat turut menjelaskan bahwa Jembatan Tayan tak hanya menjadi penghubung semua kabupaten pada Kalbatlr, tapi juga menghubungkan semua provinsi di Kalimantan.

“Dulu kalau kita mau ke kawasan-kawasan di Ketapang kan harus berminggu-minggu dalam perjalanan. Sekarang dengan ada Jembatan Tayan ini maka waktunya cukup beberapa jam saja. Sekarang juga kalau mau ke Kalimantan Tengah, Timur atau Selatan, masyarakat Kalimantan Barat bisa mencapainya dengan lebih cepat lewat Jembatan Tayan,” paparnya.

Wagub juga berharap dengan adanya Jembatan Tayan tersebut maka perekonomian di Kalimantan Barat bisa lebih hidup, terutama masyarakat yang tinggal di sekitar jembatan. “Sejak awal pembangunan jembatan ini, tujuannya memang untuk menghubungkan Kalimantan Barat dengan provinsi yang lain di Pulau Kalimantan. Jadi harapannya adalah bisa memberikan manfaat yang cukup besar untuk masyarakat,” pungkasnya.

Pembangunan infrastruktur seperti Jembatan Tayan memang sangat dibutuhkan terutama untuk mempermudah akses masyarakat serta memberikan keuntungan lain dari segi ekonomi.

Berikut ini Video rancangan jembatan Setayan Kalimantan Barat.

Jakius Sinyor: Presiden Akan Resmikan Jembatan Trans Kalimantan Bersama SBY,

Rating : 4.31 / 5 dari 13 pengunjung

Berikan vote untuk artikel ini!

Tags:
author

Author: 

Rutinitas kerja di salah satu Bank terkemuka, tidak menyurutkannya untuk tetap menyalurkan hobi jurnalistik di kategori berita Ekonomi, Bisnis, Nasional dan Mancanegara.

Copyright by: