Prof Alyn Morice: Obat Terbaik Sembuhkan Batuk Adalah Cokelat!

Selama ini mungkin kita sering mendengar bahwa obat alami sembuhkan batuk ialah lemon atau madu. Namun, berdasarkan penelitian terbaru, ternyata cokelat dapat bekerja secara lebih baik dalam menyembuhkan batuk dibanding kedua bahan di atas.

Hal ini diungkapkan Profesor Alyn Morice selaku kepala studi pada bidang pernafasan serta kardiovaskular University of Hull. “Setelah beberapa tahun melakukan penelitian secara besar pada mekanisme penyakit batuk serta pengamatan melalui pemberian obat untuk sakit batuk dengan kandungan kakao di dalamnya, ternyata kakao dapat menyembuhkan batuk secara efektif,” ujarnya.

Namun, cokelat yang dimaksudkan oleh para peneliti ini bukanlah makanan dengan rasa cokelat yang biasa dijual bebas di toko, seperti cokelat batangan atau permen rasa cokelat. Yang dipercaya mampu mengatasi batuk adalah kandungan kakao dalam buah cokelat. Berdasarkan pengalaman studi, obat dengan bahan dasar cokelat mampu memperbaiki gejala penyakit batuk hanya dalam waktu dua hari saja.

Cokelat dapat menjadi Obat Batuh yang Ampuh

Cokelat dapat menjadi Obat Batuh yang Ampuh. (rsudwaled.cirebonkab)

Rococo adalah nama obat batuk dengan bahan dasar cokelat. Obat ini telah dirancang secara baik serta melalui serangkaian tes uji coba dan kontrol acak pada seratus enam puluh tiga orang pasien. Hasil dari penelitian ini akan segera dipublikasikan dalam sebuah jurnal, kira-kira dua belas bulan mendatang.

“Zat yang terkandung dalam kakao terbukti membentuk sebuah lapisan yang akan melindungi syaraf pada tenggorokan, di mana syaraf ini bisa menyebabkan batuk. Efek ini menjelaskan kenapa madu serta lemon bisa menekan batuk, namun saya pikir cokelat memiliki sesuatu yang lebih,” tambah dia.

Ini bukan studi pertama kalinya di mana cokelat terbukti mampu menenangkan batuk. Sebelumnya, para peneliti dari Imperial College di London, Inggris, menemukan bahwa alkaloid serta theobromine di dalam kakao mampu menekan dorongan untuk batuk secara lebih baik jika dibandingkan dengan obat batuk.

Akan tetapi, mengonsumsi minuman cokelat panas ternyata tidak memiliki efek sama seperti mengonsumsi obat dengan bahan dasar kakao. Ini karena minuman cokelat panas tidak akan bersentuhan langsung dengan tenggorokan secara cukup lama sehingga tidak dapat membentuk sebuah lapisan pelindung. Demikian diberitakan oleh Dailymail pada Jumat (8/1/2016).

Prof Alyn Morice: Obat Terbaik Sembuhkan Batuk Adalah Cokelat!,

Rating : 4.58 / 5 dari 12 pengunjung

Berikan vote untuk artikel ini!

Tags:
author

Author: 

Pria yang gemar di dunia merketing ini merupakan salah satu karyawan di Perusahaan Asuransi terkemuka di Indonesia. Menulis berita untuk kategori Kesehatan, Ekonomi, Berita Nasional dan Berita Mancanegara.

Copyright by: