Dua Hektar Tanaman Eucalyptus Terbakar

MUARA ENIM – Dua hektar tanaman Eucalyptus di lahan hutan milik PT Musi Hutan Persada (PT MHP) hangus terbakar. Kebakaran terjadi di lahan CPT 24b Blok Suban Jeriji, Dusun 3 Gemawang, Kecamatan Rambang Dangku, Muara Enim.

Kapolres Muara Enim AKBP Nuryanto SIK MSi melalui Kapolsek Rambang Dangku AKP Nazirudin SH mengatakan, peristiwa kebakaran ini pertama kali diketahui oleh tiga karyawan PT MHP, yakni Mat Basir (43), Kasimeru (40), dan Amer Syah (50).

“Awalnya, kebakaran ini diketahui oleh Mat Basir, karyawan PT MHP saat dia mau pulang dari wilayah kerjanya, tapi api yang terlihat sudah membesar dan merambat di sekitarnya,” ujar AKP Nazirudin, Sabtu (9/1).

Tanaman Eukaliptus di lahan hutan milik MHP Terbakar, Kerugian belum bisa di taksir

Tanaman Eukaliptus di lahan hutan milik MHP Terbakar, Kerugian belum bisa di taksir

Kejadian ini kemudian diketahui karyawan lainnya. Karena api yang sulit dipadamkan, membuat karyawan PT MHP meminta bantuan pihak kepolisian. Alhasil api berhasil dipadamkan setelah mendapat bantuan mobil tangki air dan buldoser.

“Sejauh ini, belum diketahui secara pasti darimana asal api yang membuat lahan berisi tanaman Eucalyptus PT MHP terbakar,” jelasnya.

Namun pohon Eucaliptus merupakan jenis tanaman yang mengandung senyawa minyak sehingga sangat mudah terbakar. Diduga api yang terdapat di pohon Eucalyptus yang terbakar tersebut dapat dengan mudah menyebar.

Menurut Nazirudin, kerugian akibat kebakaran belum bisa ditaksir. Dijelaskan, tanaman Eucalyptus yang terbakar tersebut merupakan tanaman yang baru ditanam tahun 2015 lalu, namun tanaman yang terbakar tidak mati. (amr)

Dua Hektar Tanaman Eucalyptus Terbakar,

Rating : 4.58 / 5 dari 12 pengunjung

Berikan vote untuk artikel ini!

Tags:
author

Author: 

Pria yang gemar di dunia merketing ini merupakan salah satu karyawan di Perusahaan Asuransi terkemuka di Indonesia. Menulis berita untuk kategori Kesehatan, Ekonomi, Berita Nasional dan Berita Mancanegara.

Copyright by: