Februari, FIM dan Komisi Khusus MotoGP Kembali Bahas Sepang Clash

Pada Februari 2016 esok, Vito Ippolito sebagai Presiden FIM akan menggelar pertemuan yang turut mengikutsertakan komisi khusus MotoGP. Pertemuan ini akan dihelat di Jenewa, Swiss. Tujuan dari diadakannya pertemuan ini sendiri adalah mengenai pembahasan struktur baru di ajang balap motor MotoGP.

Pertemuan ini juga tak akan lepas dari kejadian Sepang clash yang melibatkan pembalap veteran Valentino Rossi dengan rider muda berbakat Marc Marquez. Hadir pula dalam pertemuan itu Carmelo Ezpelata selaku CEO Dorna Sports, Ignacio Verneda selaku CEO FIM, Herve Poncharal selaku Presiden IRTA serta Takanao Tsubouchi selaku perwakilan MSMA.

Salah satu bahasan dalam pertemuan tersebut ialah mengenai sanksi penalti poin yang dijatuhkan pada Valentino Rossi usai insiden yang terjadi antara dirinya dengan Marquez di Sirkuit Internasional Sepang, Malaysia. Pasalnya, tak sedikit dari fans Rossi yang protes serta tidak setuju akan penjatuhan hukuman tersebut.

Sirkuit Internasional Sepang, Malaysia

Sirkuit Internasional Sepang, Malaysia. (motoGP)

“Hal pertama pada pertemuan ini yang akan dibahas adalah mengenai keputusan dari race direction. Pertemuan dilangsungkan guna menemukan keputusan yang terkait dengan adanya pelanggaran. Contohnya, hukuman yang seharusnya diterima oleh pembalap apabila dia tidak mengindahkan peringatan bahaya. Sementara pembahasan dalam hal lain akan diputuskan satu hakim serta mungkin didukung beberapa ahli,” ucap rekan Ippolito.

Saat ini, tengah beredar sejumlah wacana mengenai perubahan dalam peraturan terkait poin penalti. Akan tetapi, FIM belum memberikan informasi secara detail mengenai hal tersebut. Ippolito menganggap bahwa masih ada hukuman atau sanksi yang harus dirumuskan serta dibahas pada pertemuan ini nantinya.

Lebih lanjut, Ippolito juga mengambil kesimpulan bahwa apabila keputusan terkait hukuman tersebut telah mencapai final, maka tidak akan ada ruang bagi siapa pun untu menginterpretasi. Dengan begini, maka pembalap yang sudah terkena hukuman wajib untuk mematuhinya.

Sepang clash sendiri memang merupakan kejadian menarik sekaligus tak terlupakan dari keseluruhan ajang balap MotoGP di musim 2015. Saat itu, terjadi insiden senggolan antara Valentino Rossi dengan Marc Marquez yang mengakibatkan Marquez terjatuh serta tak bisa melanjutkan balapan.

Februari, FIM dan Komisi Khusus MotoGP Kembali Bahas Sepang Clash,

Rating : 4.64 / 5 dari 14 pengunjung

Berikan vote untuk artikel ini!

Tags:
author

Author: 

Berita di kategori Sport merupakan santapan pria yang hobi memancing ikan ini.

Copyright by: