Sebelas Provinsi Bisa Saksikan Gerhana Matahari Total Pada 9 Maret

Bandung – Kepala Lapan Thomas Djamaludin mengungkapkan bahwa fenomena alam berupa gerhana matahari total bisa diamati dari sebelas provinsi di Indonesia di tanggal 9 Maret saat pagi hari. Kesebelas provinsi itu adalah Bengkulu, Sumatera Selatan, Jambi, Bangka Belitung, Kalimatan Selatan, Kalimantan Barat, Kalimantan Timur, Kalimantan Tengah, Sulawesi Tengah, Sulawesi Barat dan juga Maluku Utara.

“Fenomena alam Gerhana matahari total ini akan berlangsung pada pukul sembilan waktu setempat di Indonesia bagian timur. Sementara pada bagian barat, gerhana dapat diamati sekitar pukul tujuh lewat tiga puluh menit waktu setempat,” ucap Thomas saat dihubungi di Bandung pada Senin.

Sedangkan daerah lain di luar kesebelas provinsi tersebut hanya bisa melihat gerhana matahari secara sebagian, tidak total. “Total daerah yang dilewati oleh gerhana matahari total ini hanya selebar seratus kilometer saja dari lintasan. Di luar semua provinsi yang disebutkan di atas, termasuk di antaranya Jawa, hanya akan menyaksikan gerhana matahari sebagian,” terangnya.

Gerhana Matahari Total Maret 2016

Gerhana Matahari Total. (nasa)

Dirinya juga turut memperkirakan bahwa fenomena alam berupa gerhana matahari total tersebut akan menarik minat kunjungan dari wisatawan mancanegara. Hal ini dikarenakan fenomena ini hanya bisa dilihat secara langsung di beberapa provinsi di Indonesia.

Lebih lanjut, Thomas mengungkap bahwa gerhana matahari ini juga akan menjadikan suasana di beberapa daerah yang dilintasi akan tampak seperti tengah malam purnama. Ia menjelaskan pula bahwa gerhana ini bisa disaksikan akan tetapi para pengamat harus segera menghindar pada saat matahari keluar lagi dari bayang-bayang bulan dikarenakan cahaya yang dihasilkan akan sangat kuat.

“Jangan terlalu asyik memperhatikan karena ketika cahaya matahari datang lagi, sinarnya akan sangat menyilaukan,” imbaunya. Lapan sendiri akan meluncurkan sistem hitung mundur hingga menjelang lima puluh lima hari terjadinya gerhana matahari secara total ini di Kantor Lapan pada hari Kamis (14/1/2016).

Fenomena alam ini tentu menjadi daya tarik tersendiri terutama bagi penggemar astronomi. Gerhana matahari bukanlah peristiwa yang bisa dilihat setiap hari ataupun sering terjadi sehingga akan sangat menarik untuk disaksikan.

Sebelas Provinsi Bisa Saksikan Gerhana Matahari Total Pada 9 Maret,

Rating : 4.42 / 5 dari 12 pengunjung

Berikan vote untuk artikel ini!

Tags:
author

Author: 

Pria tulen yang gemar dengan dunia Teknologi, Gadget, Handphone, Hardware, Software dan Aplikasi.

Copyright by: