10 Prajurit Angkatan Laut Amerika Ditahan Tentara Iran

Washington – Iran diberitakan telah menahan hingga sepuluh orang prajurit yang berasal dari dua buah kapal berukuran kecil yang dimiliki oleh Angkatan Laut dari Amerika Serikat. Dua buah kapal tersebut berlayar dari negara Kuwait menuju Bahrain saat anggota militer mulai kehilangan kontak kedua kapal tersebut.

“Amerika telah melakukan komunikasi dengan Iran. Iran juga memberikan ketegasan bahwa mereka akan menjamin keselamatan untuk para tentara yang berada di atas kapal,” terang salah satu anggota militer Amerika Serikat, sebagaimana diwartakan oleh USA Today pada Rabu (13/1/2016).

Akan tetapi, kantor berita di Iran memberitakan bahwa Garda Revolusi di negara tersebut menangkap kesepuluh prajurit Amerika lantaran mereka memasuki daerah perairan di Iran tanpa mengantongi izin resmi. Kesepuluh tentara tersebut terdiri dari sembilan orang pria dan satu orang wanita.

Kapal AS yang ditahan oleh tentara Iran

Kapal AS yang ditahan oleh tentara Iran. (jakartagreater)

Menlu Amerika Serikat, John Kerry telah berbicara dengan Menlu Iran Mohammed Javad Zarif serta Negeri Paramullah. Dirinya berjanji bahwa kedua kapal akan diizinkan untuk melanjutkan perjalanan mereka kemungkinan pada tanggal 13 Januari mendatang waktu setempat.

Sementara Penasihat di Gedung Putih khusus untuk Bagian Keamanan Nasional, Ben Rhodes, menyatakan bahwa pemerintah telah menyadari akan adanya insiden tersebut. “Kami tengah bekerja guna mengatasi situasi yang seperti ini. Sudah jelas bahwa prajurit Amerika Serikat dapat kembali berlayar secara normal,” tegas Rhodes.

Insiden ini sendiri dapat menjadi ujian yang cukup penting bagi Amerika Serikat serta Iran menyusul adanya kesepakatan nuklir antara keduanya, di mana Amerika serta negara lain telah sepakat untuk mencabut sanksi secara internasional dengan catatan Iran mengurangi program untuk nuklirnya. Menlu Iran serta Menlu Amerika juga telah mendekatkan diri pada saat terjadinya negosiasi.

Terkait konflik yang melibatkan Amerika Serikat dan Iran ini, sebelumnya ramai diberitakan mengenai Presiden Amerika Barrack Obama yang menjabat tangan Menlu Iran Javad Zarif. Atas tindakannya ini, gedung parlemen Teheran merasa heran. Beberapa pejabat Iran bahkan mengecam keras tindakan Menlu Zarif, termasuk di antaranya adalah jubir komisi judisial Iran.

10 Prajurit Angkatan Laut Amerika Ditahan Tentara Iran,

Rating : 4.58 / 5 dari 12 pengunjung

Berikan vote untuk artikel ini!

Tags:
author

Author: 

Rutinitas kerja di salah satu Bank terkemuka, tidak menyurutkannya untuk tetap menyalurkan hobi jurnalistik di kategori berita Ekonomi, Bisnis, Nasional dan Mancanegara.

Copyright by: