Ini Alasan Kenapa Harus Berantas Sarang Nyamuk Tiap Minggu

Pada setiap akhir pekan, masyarakat diimbau untuk turut dalam kegiatan kerja bakti guna membersihkan lingkungan terutama di sekitar rumahnya. Salah satu kegiatan pembersihan yang disarankan terutama ialah pemberantasan sarang nyamuk atau PSN. Kegiatan ini berguna untuk mencegah timbulnya penyakit demam berdarah dengue atau DBD.

Hal ini diungkapan secara langsung oleh dr HM Subuh selaku Dirjen Pencegahan dan Pengendalian Penyakit dari Kemenkes. Dirinya mengatakan bahwa dari tiga puluh empat provinsi yang terdiri atas lima ratus sebelas kabupaten atau kota dengan delapan puluh ribu desa yang ada di Indonesia, ternyata tak ada satupun yang dinyatakan terbebas endemis DBD.

“Tiap minggu memang wajib untuk melakukan kerja bakti, terutama memberantas sarang nyamuk. Ini dikarenakan siklus hidup dari jentik nyamuk itu hanya delapan hari saja. Di hari kesembilan nantinya, jentik akan berubah menjadi nyamuk dewasa. Ini tidak boleh terjadi,” ucapnya saat ditemui di kantor Kemenkes Republik Indonesia kemarin.

Salah satu sarang nyamuk yang paling produktif

Salah satu sarang nyamuk yang paling produktif. (dewo)

Masih menurut Subuh, setelah jentik berubah menjadi nyamuk dewasa, maka pada keesokan harinya jentik tersebut bisa terbang ke mana saja dia inginkan. Nyamuk ini tentunya akan bisa menularkan berbagai macam penyakit, beberapa di antaranya adalah DBD, kaki gajah atau filariasis, chikungunya serta malaria.

“Memang termasuk sulit untuk memantau dinamika vektor dari nyamuk bernama aedes aegypti ini. Kita seharusnya melakukan bimbingan untuk PSN di tingkat pemerintah provinsi serta kabupaten atau kota supaya lebih efektif,” lanjutnya.

Masih menurut Subuh, salah satu langkah yang bisa ditempuh dalam pencegahan perkembangbiakan nyamuk ialah 3M plus. Yang pertama adalah dengan menutup genangan air, lalu dilanjutkan dengan menguras air dalam bak mandi dan diakhiri dengan mengubur dan juga memanfaatkan barang-barang bekas.

Masalah DBD bisa diberantas dengan efektif menggunakan PSN serta 3M plus. Cara ini akan menjadikan lingkungan lebih bersih serta terjamin dengan lebih baik. Cara ini juga tidak terlalu memerlukan banyak dana,” pungkasnya.

Menjaga kebersihan serta kesehatan lingkungan akan menghindarkan kita dari berbagai penyakit, salah satunya demam berdarah yang telah menjangkiti banyak orang.

Ini Alasan Kenapa Harus Berantas Sarang Nyamuk Tiap Minggu,

Rating : 4.20 / 5 dari 15 pengunjung

Berikan vote untuk artikel ini!

Tags:
author

Author: 

Pria yang gemar di dunia merketing ini merupakan salah satu karyawan di Perusahaan Asuransi terkemuka di Indonesia. Menulis berita untuk kategori Kesehatan, Ekonomi, Berita Nasional dan Berita Mancanegara.

Copyright by: