Rupiah Menguat, BI Optimis Target Pertumbuhan Ekonomi Jadi 5,4 Persen

Jberita.com, Jakarta – Nilai Tukar Rupiah kembali menguat terhadap dolar AS di awal pekan ini, hal ini terjadi karena meninggkatnya kepercayaan investor kepada pertumbuhan ekonomi nasioal yang terjadi saat ini.

Perdangan awal pekan ini, Rupiah di buka di level 13,479 per dolar AS, dan level ini menguat dibandingkan dengan penutupan perdaganan sebelunya yang menyentuh level 13,508 per dolar AS. Saat berita ini. Pada Pukul 14:30 WIB hari ini, Senin (22/02/2016) Nilai tukar Rupiah berada pada Level 13,437 per Dolar AS, seperti dikutif dari Bloomberg.

Selain dari kepercayaan investor yang sudah kembali, penguatan ini pun terjadi setelah Bank Indonesia (BI) selama dua kali berturut-turun menurunkan suku bunga acuan atau BI Rate, dimana suku bunga acuan ini memberikan perubahan yang berdampak positif kepada ekonomi sosial.

Seperti yang dilansir dari libuptan6.com, beberapa perusahaan besar seperti Nomura Holdings Inc, ING Groep NV, Capital Economics Ltd dan Australia & New Zealand Banking Group Ltd., telah memperkirakan bahwa penurunan suku bunga acuan atau BI Rate masih terbuka lebar untuk ke depannya.

Nilai Tukar Rupiah Menguat di Awal Pekan ini

Nilai Tukar Rupiah Menguat di Awal Pekan ini. (bloomberg)

Menurut salah satu Head of Balance-Sheet Trading at PT Bank ANZ, menjelaskan bahwa selama inflasi Indonesia terkendali, maka masih ada potensi suku bunga acuan akan turun lagi.

Seluruh pihak terkait seperti BI, Otoritas Jasa Keuangan (OJK) serta pemerintah sedang berusaha keras untuk dapat meningkatkan kebijakan yang dapat memberikan ruang kepada pertumbuhan ekonomi nasional yang lebih baik.

“Kami telah melakukan Revisi terhadap target ekonomi atau perkiraan pertumbuhan ekonomi menjadi lebih besar, dari seblumnya hanya 5,3 persen menjadi 5,4 persen, hal ini pun turut dipengaruhi oleh gejolak ekonomi global yang terus membaik” tegas Perry Warjiyo yang merupakan Deputi Gubernur Bank Indonesia.

Rupiah Menguat, BI Optimis Target Pertumbuhan Ekonomi Jadi 5,4 Persen,

Rating : 4.62 / 5 dari 13 pengunjung

Berikan vote untuk artikel ini!

Tags:
author

Author: 

Pria yang gemar di dunia merketing ini merupakan salah satu karyawan di Perusahaan Asuransi terkemuka di Indonesia. Menulis berita untuk kategori Kesehatan, Ekonomi, Berita Nasional dan Berita Mancanegara.

Copyright by: