Hasanudin Optimis Siswa SMK Siap Jawab Tantangan MEA

MUARA ENIM – Sekretaris Daerah Kabupaten Muara Enim, Ir Hasanudin optimis keterampilan lulusan Sekolah Menengah Keterampilan (SMK) di Muara Enim mampu menjawab tantangan menghadapi Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) yang telah dimulai per 1 Januari 2016. Hal tersebut disampaikan oleh Sekda saat meninjau langsung pelaksanaan ujian kompetensi siswa SMK yang digelar di SMK Negeri 2 Muara Enim, Selasa (1/3).

Sekda menjelaskan, sekolah kejuruan sudah seharusnya siap menghadapi MEA karena akan banyak tenaga kerja dari luar negeri yang akan bersaing di Indonesia. MEA menjadi sebuah tantangan yang mau tidak mau harus diterima dan dihadapi.

“Karena itu lulusan SMK harus siap menghadapi tantangan MEA 2016, siapkan daya saing hadapi MEA, tingkatkan kemampuan dan skillmu. Kita mau tidak mau harus menghadapi tantangan global,” kata Hasanudin.

Masyarakat Ekonomi ASEAN 2016

SIswa SMAK Siap Jawab Tantangan MEA (Masyarakat Ekonomi ASEAN) 2016. (hargatop)

Dalam kesempatan tersebut Hasanudin memaparkan beberapa poin penting yang dibutuhkan dalam menghadapi MEA 2016. Selain peningkatan kompetensi sumber daya manusia, hal lain yang dibutuhkan adalah peningkatan berbagai macam infrastruktur serta peningkatan kemampuan bahasa, minimal Bahasa Inggris.

Di samping itu, lulusan SMK juga dituntut untuk memiliki kemampuan membuat produk yang berkualitas dengan kuantitas yang mencukupi pasokan.

“Semua ilmu teori harus dipraktekkan langsung dilapangan, lulusan juga hendaknya segera memperkaya pengalaman. Dan yang terpenting adalah setiap lulusan SMK harus memiliki sikap dan mental yang jujur serta konsisten,” bebernya.

Sementara itu,  Kepala Sekolah SMK Negeri 2 Muara Enim, Burhanudin mengatakan uji kompetensi diikuti sebanyak 400 siswa yang berlangsung selama 24 Februari – 5 Maret 2016. Dalam uji kompetensi tersebut, dilakukan beberapa tes kepada siswa SMK mengenai keterampilan serta bahasa asing yang diajarkan dalam kurikulum.

“Ujian ini juga digelar secara serentak, kita harapkan para siswa dapat lulus dengan nilai yang terbaik, sehingga kedepan mereka dapat mendukung perkembangan industri daerah hingga nasional,”ucapnya.

Burhanudin menuturkan pihak sekolah telah berupaya agar para lulusan SMK Negeri 2 Muara Enim menjadi penyumbang sumber daya manusia berkualitas. Kata dia, sejak dulu lulusan SMK telah bersinergi dengan dunia usaha sehingga lulusan SMK lebih siap pakai.

“Terlebih lagi tantangan globalisasi dunia kerja semakin menuntut sumber daya manusia untuk memiliki kemampuan dan kompetensi yang tinggi dan mumpuni. Tak hanya skill dasar yang harus dikuasai namun juga kemampuan untuk menghasilkan produk yang berkualitas harus dimiliki saat masih menempuh pendidikan di sekolah,” pungkasnya. (amr)

Hasanudin Optimis Siswa SMK Siap Jawab Tantangan MEA,

Rating : 4.58 / 5 dari 12 pengunjung

Berikan vote untuk artikel ini!

Tags:
author

Author: 

Pria yang gemar di dunia merketing ini merupakan salah satu karyawan di Perusahaan Asuransi terkemuka di Indonesia. Menulis berita untuk kategori Kesehatan, Ekonomi, Berita Nasional dan Berita Mancanegara.

Copyright by: