BMKG: Gempa Hari Ini di Kepulauan Mentawai Berpotensi Tsunami

BMKG kembali menginformasikan bahwa gempa hari ini yang terjadi di Kepulauan Mentawai berpotensi tsunami. Adapun Wilayah yang berpotensi tsunami yaitu kawasan Sumatera Barat, NAD, Sumatera Utara, Bengkulu dan Lampung.

BMKG sempat mengumumkan jika kekuatan gempa di Kepulauan Mentawai berkekuatan 8,3 SR, namun kemudian direvisi menjadi 7,8 SR. Informasi terbaru tersebut sesuai dengan informasi dari US Geological Survey (USGS) yang mencatat kekuatan gempa hari ini di Mentawai, Sumatera Barat, mencapai 7,9 SR.

Gempa Bumi Hari Ini Di Kepulauan Mentawai Sumatera Barat

Gempa Bumi Hari Ini Di Kepulauan Mentawai Sumatera Barat Berpotensi Tsunami. (BMKG)

Tak hanya memiliki kekuatan besar, BMKG juga menyatakan bahwa gempa tersebut berpotensi tsunami. “Gempat di Mentawai berpotensi tsunami, untuk itu informasi ini disampaikan ke masyarakat,” tulis Kepala BNPT Sutopo Nugroho mengutip penjelasan BMKG.

Berdasarkan data BMKG, gempa tersebut terjadi pada hari Selasa (02-03-2016) pukul 19.49 WIB. Posisi gempa di 5,16 Lintang Selatan dan 94.05 Bujur Timur atau sekitar 682 km Barat daya Kepualauan Mentawai, Sumatera Barat atau sekitar 808 km arah barat daya Padang. Gempa tersebut berpusat di kedalaman 10 km.

Sampai berita ini diturunkan, belum ada informasi kerusakan dan korban jiwa. Di himbau kepada masyarakat tidak perlu panik namun harus waspada karena gempa ini berpotensi tsunami, terutama bagi masyarakat yang berada di kawasan Sumatera Barat, NAD, Sumatera Utara, Bengkulu dan Lampung.

BMKG: Gempa Hari Ini di Kepulauan Mentawai Berpotensi Tsunami,

Rating : 4.43 / 5 dari 23 pengunjung

Berikan vote untuk artikel ini!

Tags:
author

Author: 

Rutinitas kerja di salah satu Bank terkemuka, tidak menyurutkannya untuk tetap menyalurkan hobi jurnalistik di kategori berita Ekonomi, Bisnis, Nasional dan Mancanegara.

Copyright by: