Google: Hastag #OneDayIWill untuk Hari Perempuan Internasional

Jberita.com – Google hari ini, Selasa 08 Maret 2016 memperingati Hari Perempuan Internasional atau International Women’s Day. Sebuah hastag #OneDayIWill tertulis untuk mengajak netizen di seluruh dunia untuk memperingati hari di mana para perempuan di seluruh dunia memperingati keberhasilannya dalam berbagai sektor dan bidang, baik sosial, ekonomi hingga ke politik.

Jika Anda mengunjungi Google hari ini, terlihat di halaman utama logo Google (Google Doodle) berbagai gambar animasi yang menggambarkan perempuan. Pada tulisan Google yaitu huruf “O” sebuah gambar animasi yang jika di klik maka akan muncul sebuah video.

Video tersebut merupakan video animasi yang menarik menggambarkan aktivitas para perempuan di dunia. Setelah video berakhir, Google langsung mengarahkan pengunjung ke laman pencarian “International Women’s Day”.

 

Sejarah Hari Perempuan Internasional (International Women’s Day).
Mungkin belum banyak orang yang mengetahui latar belakang dan sejarah Hari Perempuan Internasional ini yang lahir dari sebuah tragedi kekerasan dan digagas pertamakalinya pada 8 Maret 1857 di New York, Amerika Serikat.

Waktu itu buruh wanita dari pabrik garmen, melakukan unjuk rasa memprotes kondisi buruk yang mereka alami. Mulai dari diskriminasi sampai besaran gaji yang tak setara dengan buruh laki-laki. Namun, aksi demonstrasi tersebut tidak berjalan damai. Untuk membubarkan aksi tersebut, pihak keamanan bertindak represif dengan menyerang para demonstran perempuan.

Sekitar tahun 1910 sampai 1920, Peringatan Hari Perempuan tidak pernah dirayakan. Momen itu baru kembali dihidupkan saat bangkitnya feminisme pada era 60-an. Kemudian pada tahun 1974, PBB mendukung Hari Perempuan Internasional dan akhirnya ditetapkan setiap tanggal 8 Maret.

Selain dipicu dari negara Amerika, peringatan Hari Perempuan Internasional ini juga didorong dari berbagai aksi perempuan di seluruh dunia. Salah satunya berasal dari kejadian yang mengenaskan yang menimpa buruh perempuan saat terjadi kebakaran besar di Pabrik Triangle Shirtwaist pada tahun 1911. Kebakaran itu menewaskan sedikitnya 123 nyawa buruh perempuan.

Peringatan Hari Perempuan Internasional (International Women’s Day)

Peringatan Hari Perempuan Internasional (International Women’s Day). (Google)

Di Indonesia sendiri, kita memiliki Kartini sebagai tokoh emansipasi perempuan. Untuk itu, semua latar belakang lahirnya Hari Perempuan Internasional ini bisa menjadikan motivasi dan diteruskan oleh generasi bangsa terutama kaum perempuan saat ini.

Online Colleges, Best Online Trading, Online Forex Trading, Fx Trading, Online Trading Platforms

Selamat Hari Perempuan Internasional.

Google: Hastag #OneDayIWill untuk Hari Perempuan Internasional,

Rating : 4.67 / 5 dari 15 pengunjung

Berikan vote untuk artikel ini!

Tags:
author

Author: 

Dunia teknologi, gadget dan otomotif tidak pernah ada kata matinya, ungkap pria yang bermimpi punya sebuah laptop seharga 50 jutaan ini.

Copyright by: