Mampukah Api Membakar Objek di Luar Angkasa?

CALIFORNA – Salah satu hal yang menjadi pertanyaan masyarakat awam adalah mampukah api membakar sebuah objek yang berada di luar angkasa?. Untuk menjawab pertanyaan itu, para peneliti akan melakukan percobaan untuk melihat perilaku api di luar angkasa.

Sebelumnya, peneliti telah melakukan percobaan dengan membakar objek kecil diluar angkasa. Jika di bumi api yang dinyalakan pada sebuah lilin cenderung naik dan meruncing keatas, berbeda dengan di luar angkasa. Di daerah dengan gravitas nol (zero gravitasi), dimana tidak ada udara dingin dan tidak ada konveksi udara, api dan pembakaran melayang dalam sebuah bulatan ketimbang menghilang atau lenyap, hasilnya lilin di pesawat luar angkasa akan padam dengan sendirinya.

The Saffire Logo

The Saffire Logo. (NASA)

Lalu bagaimana sifat api dengan objek yang lebih besar?. Perilaku api sulit diprediksi. Percobaan pengujian perilaku api di luar angkasa ini terkendala dengan objek yang tidak lebih dari 10 cm. Apabila lebih besar dari itu, dianggap membahayakan.

Untuk itu badan antariksa Amerika Serikat (NASA) dalam waktu dekat berencana melakukan uji coba dengan menyalakan api di dalam pesawat luar angkasa.

Rencananya, bulai Mei, Spacecraft Fire Experiment-I (Saffire-I) akan menggunakan kapal kargo Cygnus tak berawak seusai kapal tersebut menyelesaikan misi resupply ke International space station (ISS).

Online Colleges, Best Online Trading, Online Forex Trading, Fx Trading, Online Trading Platforms

Percobaan controlled pyrotechnic yang akan dilakukan kali ini adalah untuk menganalisa mengenai perilaku api berskala besar di luar angkasa atau di ruang zero gravitasi. Hasil penelitian itu nantinya berguna untuk meningkatkan desain keamanan pesawat terbang, demikian seperti yang dikutip dari laman NASA dan Gizmag, Jumat (18-03-2016).

Mampukah Api Membakar Objek di Luar Angkasa?,

Rating : 4.42 / 5 dari 12 pengunjung

Berikan vote untuk artikel ini!

Tags:
author

Author: 

Dunia teknologi, gadget dan otomotif tidak pernah ada kata matinya, ungkap pria yang bermimpi punya sebuah laptop seharga 50 jutaan ini.

Copyright by: