Nasional

Satu Rumah Warga Roboh Akibat Banjir, Penghuni Tertimpa Reruntuhan Rumah

MUARA ENIM – Karena sering terendam oleh banjir, rumah Jamaludin (52) di Desa Guci, Kecamatan Ujanmas, Kabupaten Muara Enim ambruk.

Rumah panggung kayu berukuran 5×8 meter ini roboh dan sempat mencederai para penghuninya pada Minggu (20/3) sekitar pukul 04.30 WIB.

Isra Bahri (32), anggota Taruna Siaga Bencana (Tagana) Muara Enim mengatakan kejadian rumah yang roboh pada Minggu pagi.

“Saya mendapatkan kabar adanya rumah warga  yang roboh, lalu Tagana dan masyarakat berbondong-bondong melakukan pertolongan terhadap korban,” ujar Isra, kemarin (21/3).

Korban yang mengalami luka adalah Jamaludin, dengan kondisi luka di bagian kepala dan badan. Istri Jamaludin bernama Padila (48) mengalami patah pinggang, dan anaknya Pertiwi (16) luka di bagian kepala. Sementara anak yang bungsu bernama Julai (10) selamat dari bencana tidak mengalami cedera.

Kondisi rumah yang roboh dihantam banjir
Kondisi rumah yang roboh dihantam banjir.

“Para korban kondisinya sempat terjepit di timpa puing puing bangunan dan di bawa ke RSUD dr HM Rabain Muara Enim,” ujar Isra.

Camat Ujanmas Sugiarto Delimpa membenarkan pihaknya sudah mendapat laporan dari kepala desa (kades) dan petugas tagana Desa Guci yang kemudian langsung turun ke lokasi bencana.

Sugiarto mengimbau kepada masyarakat agar tetap waspada di dalam menghadapi suasana musim hujan ini.

“Karena kondisi seperti ini tidak dapat kita prediksi, apalagi saaat ini sudah ada korban rumah yang roboh,” jelasnya.

Dia berharap, kepada seluruh  kepala desa yang desanya berada di aliran Sungai Lematang agar selalu berkoordinasi kepada pihak kecamatan dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) dan Tagana.

Sementara itu Kasi Daurat dan Logistik BPBD Muara Enim Bakarudin mengatakan, pihaknya menurunkan anggota BPBD sebanyak empat orang. “Kami melakukan pengecekan ke lokasi  rumah roboh tersebut. Berdasarkan hasil pengecekan kerugian diperkirakan Rp50 juta. Sementara kita memberikan bantuan berupa sembako dan pakaian kepada korban seperti beras, lauk pauk, dan pakaian sekolah. Nantinya Pemkab Muara Enim akan membantu membangun kembali perbaikan rumah tersebut,” pungkasnya. (Amr)

Tampilkan lebih banyak

Artikel terkait

Tinggalkan Komentar dan Diskusi Disini

Silahkan berkomentar dan berdiskusi. Bebas, namun tetap beretika. Diskusi atau komentar hendaknya masih berkaitan dengan artikel mengenai "Satu Rumah Warga Roboh Akibat Banjir, Penghuni Tertimpa Reruntuhan Rumah". Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab Anda! Klik tombol DISKUSI dibawah.

Back to top button
error: Content is protected !!