Musrembang dan RKPD digelar di Grand Ballroom Hotel Grand Zuri Fokus Entaskan Kemiskinan

MUARA ENIM – Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrembang) dan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Kabupaten Muara Enim Tahun Anggaran 2017 yang telah digelar di Grand Ballroom Hotel Grand Zuri Muara Enim, Selasa (22-03-2016) dengan prioritas percepatan pengentasan kemiskinan.

Musrembang RKPD tersebut merupakan tahapan dalam proses setiap perencanaan pembangunan daerah, yang selanjutnya dituangkan dalam RAPBD, untuk dijadikan Peraturan Bupati (Perbup).

Bupati Muara Enim H Muzakir Sai Sohar mengatakan, kegiatan tersebut sebagai forum penyusunan program antar SKPD, dengan menyerap aspirasi untuk jangka waktu setahun. Selain itu, dia menambahkan, untuk mewujudkan sinkronisasi penyusunan anggaran bagi terselenggaranya pemerintahan dan pelayanan publik di Bumi Serasan Sekundang.

Musrembang dan RKPD Kabupaten Muara Enim Tahun Anggaran 2017 digelar di Grand Ballroom Hotel Grand Zuri Muara Enim, Selasa (22-03-2016)

Musrembang dan RKPD Kabupaten Muara Enim Tahun Anggaran 2017 digelar di Grand Ballroom Hotel Grand Zuri Muara Enim, Selasa (22-03-2016).

“Musrembang tahun 2016 ini sangat strategis yang bertujuan kembali mengejar capaian pembagunan daerah serta kesejahateraan nasional,” kata Muzakir.

Adapun skala prioritas yang disusun dalam musrembang tingkat kabupaten itu, menurutnya, mengacu pada visi misi serta sesuai tema diusung yakni percepatan pengentasan kemiskinan melalui pengembangan ekonomi lokal.

Hal itu, diungkapkan dia, diantaranya melalui memperkuat tata kelola pemerintahan yang baik dan bersih, kemudian memperkuat pertumbuhan ekonomi kerakyatan yang bertumpu pada sumber daya daerah yang berkelanjutan, dan meningkatkan layanan infrastruktur dasar dengan memperhatikan kelestarian lingkungan.

“Sebelum diselenggarakannya musrenbang tingkat kabupaten, dua bulan terakhir telah dilaksanakan musyawarah desa (Musdes) yang dilanjutkan dengan musrembang tingkat kecamatan,” ungkapnya.

Materi utama yang dibahas dalam musrembang tersebut, tentang RPKD tahun 2017, yang sudah dipersiapkan masing-masing SKPD, dipadukan dengan aspirasi melalui musrembang kecamatan.

Dalam pembahasan tersebut, Pemkab Muara Enim juga mengundang narasumber pusat yakni Kepala Koordinator Unit Eksekutif Tim Percepatan Penanggulangan Kemiskinan Sekretariat Wakil Presiden Himawan Fuadi serta Tokoh Wanita Nasional Dr Cri Puspa Dewi Motik Pramono.

Sementara, Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Muara Enim Abdul Nadjib menerangkan, musrembang kabupaten jadi dasar bagi Bappeda untuk menentukan perencanaan. Baik program yang bersumber APBD kabupaten, APBD provinsi, APBN, serta pembiayaan lainnya.

Online Colleges, Best Online Trading, Online Forex Trading, Fx Trading, Online Trading Platforms

Selanjutnya, di tengah acara musrembang kemarin, juga digelar penyerahan penghargaan SKPD terbaik yang diberikan kepada Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Muara Enim untuk tingkat kabupaten. Sementara tingkat kecamatan terbaik diberikan kepada Tanjung Agung. (Amr)

Tags:
author

Author: 

Pria yang gemar di dunia merketing ini merupakan salah satu karyawan di Perusahaan Asuransi terkemuka di Indonesia. Menulis berita untuk kategori Kesehatan, Ekonomi, Berita Nasional dan Berita Mancanegara.

Copyright by: