Teguh Jaya: Dinsos Akan Bangun 400 Rumah Yang Tak Layak Huni

MUARA ENIM – Pemkab Muara Enim terus berupaya menekan angka kemiskinan di Bumi Serasan Sekundang dengan melakukan berbagai cara. Kali ini Pemkab Muara Enim melalui Dinas Sosial akan membangun 400 rumah tak layak huni bagi kaum fakir miskin.

“Di tahun 2017 kita akan melakukan beberapa kegiatan pengentasan melalui program anggaran pemerintah pusat,” ujar Kepala Dinas Sosial Muara Enim, M Teguh Jaya, Jumat (25/3). Program yang segera diajukan proposalnnya kepada Kementerian Sosial yakni pembangunan 400 unit rumah tidak layak huni milik masyarakat miskin.

Selain penyaluran bantuan Kelompok Usaha Bersama (Kube) berupa fasilitas kepada 200-400 fakir miskin (FM). Kemudian pembuatan sarana lingkungan (Saling) yang dikerjakan oleh kelompok masyarakat.

“Untuk Saling ini dilakukan di 50 lokasi dan saat ini sudah ada yang masuk proposalnya,” jelasnya.

M Teguh Jaya Kepala Dinas Sosial Muara Enim

M Teguh Jaya Kepala Dinas Sosial Muara Enim.

Ditambahkan, pihaknya akan membangun fasilitas pendukung pusat pelayanan sosial terpadu bagi penyandang masalah sosial. Pembangunan pusat pelayanan sosial itu bertujuan untuk memudahkan masyarakat yang tidak mampu dalam mendapatkan pelayanan sosial.

Dijelaskannya, untuk pembangunan rumah tak layak huni diberikan dalam bentuk uang untuk digunakan membelikan material bangunan. Anggaran yang diberikan sebesar Rp10 juta perumah. “Jadi kita bukan bentuk bedah rumah, dimana pemiliknya dibuatkan rumah. Tetapi kita bantu material. Untuk pekerjaan pembangunan rumah itu dilakukan secara bergotong royong sebagai bentuk dari kesetiakawanan sosial,” ungkapnya.

Sedangkan pembuatan sarana lingkungan, seperti jalanan setapak, sanitasi, siring juga dilakukan oleh kelompok masyarakat penyandang masalah kesejahteraan.

Online Colleges, Best Online Trading, Online Forex Trading, Fx Trading, Online Trading Platforms

Untuk pembuatan sarana lingkungan diberikan anggaran sebesar Rp50 juta per kelompok untuk pembelian material. Kemudian Pengerjaan fisiknya dilakukan secara bergotong royong. (amr)

Teguh Jaya: Dinsos Akan Bangun 400 Rumah Yang Tak Layak Huni,

Rating : 4.58 / 5 dari 12 pengunjung

Berikan vote untuk artikel ini!

Tags:
author

Author: 

Berita Infotainment dan Lifestyle menjadi makanan sehari-hari cewek yang gemar traveling ini.

Copyright by: