Syaiful: Program Bebas Pasung Belum Berjalan Lancar

MUARA ENIM – Penderita gangguan jiwa di wilayah Kecamatan Tanjung Agung, Kabupaten Muara Enim saat ini masih mengalami pemasungan. Mereka dipasung oleh pihak keluarganya masing-masing.

Anggota DPRD Muara Enim Syaiful Iqbal Assofa mengatakan, berdasarkan hasil resesnya belum lama ini, penderita gangguan jiwa di Tanjung Agung sebanyak 15 orang dan semua dalam kondisi memprihatinkan.

“Hanya saja, tiga di antaranya sudah berhasil dibawa relawan kesehatan setempat untuk mendapatkan pengobatan,” ujar Syaiful, Minggu (27/3).

Pihaknya mendorong agar Pemkab Muara Enim dapat lebih maksimal dalam penanganan pasien gangguan jiwa tersebut.

Pemasungan sendiri menurutnya dilakukan pihak keluarga agar yang bersangkutan tidak membuat kericuhan atau mengganggu masyarakat sekitar.

Ilustrasi Pasung

Ilustrasi Pasung. (batenprov)

Kepala Bidang Pelayanan Kesehatan Dinkes Muara Enim Syamsul Rizal mengatakan, program bebas pemasungan yang dicanangkan oleh pemerintah diatur melalui Undang-Undang tentang Kesehatan Jiwa belum sepenuhnya mendapat dukungan masyarakat.

Dia menjelaskan, alasan yang seringkali timbul jika ada masyarakat atau penderita gangguan jiwa dilepaskan atau dibebaskan dari pemasungan agar pengawasan dari pihak keluarga lebih mudah dan korban tidak menimbulkan masalah dilingkungan sekitarnya. Berbagai alasan lain juga diungkapkan masyarakat terutama pihak keluarga korban, apalagi jika riwayat korban menderita gangguan jiwa karena ada faktor keturunan.

“Itu makanya program bebas pemasungan belum bisa kita katakan berjalan lancar dan sewajarnya, karena memang butuh pendekatan kepada pihak keluarga korban,” jelasnya.

Hanya saja, menurut Rizal, permasalahan tersebut dapat diatasi jika memang dibentuk tim khusus dari pemda yang bukan hanya melibatkan tim teknis seperti Dinkes, Satpol PP, Dinsos dan kepolisian saja.

Online Colleges, Best Online Trading, Online Forex Trading, Fx Trading, Online Trading Platforms

“Peran tokoh masyarakat dan tokoh agama juga sangat diperlukan, sehingga pihak keluarga dapat memahami dan mengerti tentang penanganan kondisi korban sakit jiwa yang mengalami pemasungan,” pungkasnya.

Syaiful: Program Bebas Pasung Belum Berjalan Lancar,

Rating : 4.58 / 5 dari 12 pengunjung

Berikan vote untuk artikel ini!

Tags:
author

Author: 

Pria yang gemar di dunia merketing ini merupakan salah satu karyawan di Perusahaan Asuransi terkemuka di Indonesia. Menulis berita untuk kategori Kesehatan, Ekonomi, Berita Nasional dan Berita Mancanegara.

Copyright by: