Kasatlantas: Kami Akan Tindak Sopir dan Pelajar di Atap Angdes

MUARA ENIM – Masih adanya aksi nekat pelajar yang bergelantungan maupun duduk di atas atap angkutan desa (Angdes), membuat Satlantas Polres Muara Enim terus berupaya menindaknya. Dan bahkan, terdapat beberapa sekolah yang mesti di jaga petugas kepolisian pada siang hari jelang pulang sekolah.

Hal ini dilakukan guna mencegah terjadinya kecelakaan lalu lintas yang bisa menyebabkan korban jiwa. Apalagi, aksi nekat para pelajar tersebut sering terulang, terutama pada saat tidak ada petugas yang memantau.

Kapolres Muara Enim AKBP Nuryanto melalui Kasat Lantas AKP M Yakin mengaku, selain menindak tegas sopir angdes yang membiarkan penumpang bergelantungan maupun duduk di atas atap angdes, juga rutin menggelar sosialisasi ke sekolah-sekolah.

“Pelajar yang sering duduk di atap angdes itu ada di dua tempat, seperti di Tanjung Agung dan di SMP Negeri 2 Muara Enim di depan GOR. Bahkan, setiap siang kita mesti tempatkan petugas kepolisian di sekolah itu. Biasanya sekitar dua orang polisi,” tutur Yakin, Jumat (1/4).

Ilustrasi - Sanksi akan diberikan kepada pelajar yang duduk diatas atap mobil

Ilustrasi – Sanksi akan diberikan kepada pelajar yang duduk diatas atap mobil.

Selain itu, lanjut Yakin, sosialisasi ke sekolah-sekolah turut dilakukan pihaknya. Dia menilai, sosialisasi sangat efektif sehingga pelajar tidak kembali mengulang aksi nekat tersebut. “Kita selalu sosialisasi dari satu sekolah ke sekolah lain. Meminta kepala sekolah atau guru untuk menghimbau siswanya agar tidak lagi duduk di atas atap maupun bergelantungan di belakang mobil,” ungkapnya.

Tidak hanya itu, sopir angdes pun, lanjut dia, turut diimbau untuk tidak mengangkut penumpang melebihi kapasitas kendaraannya. Bagi yang melanggar, dirinya menegaskan bakal ditindak dengan cara menilang. “Satu kali mobil angdes itu kita tilang dan masih saja mengulanginya lagi, maka mobil tersebut akan kami kandangkan,” tegas dia.

Kasatlantas Muara Enim, AKP M Yakin Rusdi

Kasatlantas Muara Enim, AKP M Yakin Rusdi.

Terkait hal ini, Yakin berharap, ada peran serta antar orang tua, guru, maupun masyarakat yang mengingatkan pelajar maupun sopir angdes yang masih nekat melakukan hal tersebut. “Kami minta kerjasama semua pihak, sehingga hal seperti ini tidak lagi terulang,” tukas dia.

Kasatlantas: Kami Akan Tindak Sopir dan Pelajar di Atap Angdes,

Rating : 4.62 / 5 dari 13 pengunjung

Berikan vote untuk artikel ini!

Tags:
author

Author: 

Rutinitas kerja di salah satu Bank terkemuka, tidak menyurutkannya untuk tetap menyalurkan hobi jurnalistik di kategori berita Ekonomi, Bisnis, Nasional dan Mancanegara.

Copyright by: