Musim Panen Tiba, Warga Jemur Padi di Pekarangan Rumah

MUARA ENIM – Memasuki musim panen padi, warga Desa Muaralawai, Kecamatan Muara Enim tampak menjemur padi di halaman pekarangan rumahnya masing-masing.

Siti (52), warga Desa Muaralawai mengatakan, sebelum butiran padi digiling ke kilang padi untuk menjadi beras, pertama padi tersebut dijemur. “Lamanya penjemuran padi itu selama dua sampai tiga hari,” ujar Siti, kamis (7/4).

Hamparan butiran-butiran padi berwarna emas yang sedang dijemur itu, terlihat berjejer terhampar di atas tikar pandan dan beralas plastik tenda aneka warna, persis di halaman deretan rumah warga, di sisi kiri kanan sepanjang Jalan Hutan Tanaman Industri (HTI) Desa Muaralawai, Kecamatan Muara Enim.

“Untuk mengantisipasi padi yang dijemur dari dimakan ayam, kambing atau ayam, selama penjemurannya, ini harus dijaga bergantian menjaganya dari pagi hinga siang,” jelasnya.

Siti yang sedang menghampar Padi Hasil Panen di halaman rumah

Siti yang sedang menghampar Padi Hasil Panen di halaman rumah.

Dikatakannya, hasil panen padi masyarakat ini, merupakan budidaya lokal masyarakat secara swadaya di atas lahan seluas ratusan hektar yang rutin dilakukan setiap tahunnya.

“Padi yang dijemur ini, adalah hasil panen dari tanaman tahun 2015 lalu, ditanam sekitar bulan Agustus dan september,” tambahnya.

Untuk pemasarannya, lanjutnya, padi masyarakat ini dijual ke toke atau penggiling kilang padi yang ada di desa setempat.

Kepala Dinas Pertanian, Tanaman Pangan dan Holtikultura Kabupaten Muara Enim Ir. Kani Da’ah MM mengatakan, selain Desa Muaralawai, panen perdana padi di Kecamatan Muara Enim juga sudah terjadi di Desa Tanjung Jati dan Desa Lubuk Ampelas.

Sekurang-kurangnya lahan sawah di tiga desa tersebut seluas 695 hektar. Untuk membantu petani, pihaknya memberikan bantuan bibit benih.

“Selain itu ada bantuan pupuk urea dan NPK. Bantuan handtraktor  dan power truser berasal dari dana APBD dan APBN. Harapan kita, hasil panen raya kali ini mengalami peningkatan dari tahun sebelumnya,” tukasnya (amr)

Musim Panen Tiba, Warga Jemur Padi di Pekarangan Rumah,

Rating : 4.58 / 5 dari 12 pengunjung

Berikan vote untuk artikel ini!

Tags:
author

Author: 

Rutinitas kerja di salah satu Bank terkemuka, tidak menyurutkannya untuk tetap menyalurkan hobi jurnalistik di kategori berita Ekonomi, Bisnis, Nasional dan Mancanegara.

Copyright by: