Winarto: 300 Paud Di Muara Enim Harus Terakreditasi

MUARA ENIM – Guna meningkatkan kompetensi lembaga Pendidikan Anak Usia Dini (Paud), mulai 2016 ini Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Muara Enim mempersiapkan program penilaian akreditasi bagi lembaga Paud, TK, KB dan TPA. Setelah terakreditasi, maka lembaga pendidikan memiliki standar dalam pembelajaran. Baik itu materi, sarana prasarana maupun tenaga pengajarnya.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Muara Enim H Muzakar melalui Kabid Paudni dan PLS H Winarto mengatakan, terdapat 300 Paud yang siap untuk dilakukan akreditasi mulai 2016 ini. “Saat ini langkah utama kita melakukan sosialisasi program akreditasi untuk lembaga Paud, TK, KB dan TPA yang ada di Kabupaten Muara Enim,” ujar Winarto, Senin (11/4).

Dengan adanya rencana akreditasi tersebut, Winarto menghimbau, agar pengelola Paud, TK, KB dan TPA serta lembaga sejenisnya untuk mempersiapkan persyaratan yang diperlukan. Seperti akte sekolah, NPWP serta program kepala sekolah dan yayasan. “Setelah nantinya lembaga pendidikan ini terakreditasi, maka akan memiliki kompetensi untuk mendidik anak usia dini,” urainya.

Ilustrasi - Paud

Ilustrasi – Paud

Lebih jauh ia membeberkan, terdapat 8 poin yang akan dinilai agar lembaga pendidikan terakreditasi. Poin tersebut diantaranya, sarana prasarana, tenaga pendidik, standar pengelolaan, standar pembiayaan, standar penilaian dan lain sebagainya. Sehingga dirinya meminta setiap lembaga pendidikan anak usia dini mempersiapkan poin-poin tersebut.

“Dari lembaga pendidikan yang ada di Kabupaten Muara Enim, baru dua Paud yang terakreditasi, yakni Paud Antrasita dan Pembina, sementara yang lainnya rintisan. Maka dari itu mulai saat ini secara bertahap kita akan lakukan akreditasi ke setiap lembaga pendidikan anak usia dini yang ada,” tukasnya. (Amr)

Winarto: 300 Paud Di Muara Enim Harus Terakreditasi,

Rating : 4.58 / 5 dari 12 pengunjung

Berikan vote untuk artikel ini!

Tags:
author

Author: 

Rutinitas kerja di salah satu Bank terkemuka, tidak menyurutkannya untuk tetap menyalurkan hobi jurnalistik di kategori berita Ekonomi, Bisnis, Nasional dan Mancanegara.

Copyright by: