Wakil Bupati Muara Enim Panen Perdana Padi Sawah Di Karang Agung

MUARA ENIM – BUPATI Muara Enim Ir H Muzakir Sai Sohar yang diwakili Wakil Bupati (Wabup) H. Nurul Aman melakukan panen raya padi di areal sawah Karang Agung, di Desa Karang Raja, Kecamatan Muara Enim, Senin (18/4).

Dalam panen perdana bersama kelompok tani sawah Karang Agung tersebut, dihadiri Kasdim 0404 Muara Enim Mayor Inf Nurwaliyanto, Kajari Muara Enim Adhyaksa Darma Yuliano SH MH, Wakapolres Muara Enim Kompol Ari Mujianto, Kades Karang Raja Marsisyani Adi, Ketua Kelompok Tani Sawah Karang Agung H. Syamsudin Ahmad, SKPD terkait serta warga Desa Karang Raja.

Wabup Muara Enim Nurul Aman mengatakan, dengan panen perdana padi, Pemkab Muara Enim akan terus membantu kelompok petani Karang Agung dalam meningkatkan produksi pertanian.

Peningkatan produksi pertanian di sawah Karang Agun sudah berhasil, di mana masa tanam padi dari satu kali menjadi dua kali dalam setahun. Keberhasilan ini merupakan misi Kabupaten Muara Enim menuju swasembada pangan.

Panen Perdana Padi di Desa Karang Agung, di Hadiri oleh Wakil Bupati H Nurul Aman

Panen Perdana Padi di Desa Karang Agung, di Hadiri oleh Wakil Bupati H Nurul Aman

“Komoditi tanaman pangan akan terus meningkat seiring dengan bertambahnya penduduk. Untuk tahun 2016 ini, kebutuhan gabah kering mencapai 77,26 ribu ton. Alhamdulillah kita bersyukur berkat kerjasama Pemkab melalui Dinas Pertanian Tanaman Pangan dan Holtikultura dengan kelompok tani, bisa melakukan panen perdana,” ujar Nurul Aman.

Apalagi, panen perdana ini dilakukan di lahan sawah yang selama ini menjadi lahan tidur seluas kurang lebih 51 hektar di sawah Karang Agung, Desa Karang Raja.

Kabupaten Muara Enim tahun ini menganggarkan Rp 43,2 miliar untuk bidang pertanian. Tahun ini juga, Pemkab sudah membantu alat-alat perlengkapan pertanian bagi kelompok tani,” jelas Nurul.

Ketua Kelompok Tani Sawah Karang Agung, Desa Karang Raja, H. Syamsudin Ahmad bersyukur dan bahagia bisa panen perdana tahun ini. Apalagi bisa panen dua kali dalam setahun.

“Kami berterima kasih kepada Pemkab Muara Enim yang sudah membantu alat-alat pertanian sehingga lahan tidur yang selama ini terlantar hampir 20 tahun berhasil digarap kelompok tani,” terang Syamsudin.

Kades Karang Raja Marsisyani Adi mengucapkan terima kasih kepada Pemkab Muara Enim yang membantu kelompok tani sehingga bisa menggarap lahan seluas 51 hektar yang selama ini tak terjamah masyarakat.

Pemkab Muara Enim membantu berupa mesin bajak, bibit, pupuk, dan biaya perawatan sehingga lahan sawah bisa digarap kembali. “Tahun ke depan kita berharap para petani bisa lebih giat dan bersatu lagi, dan kita akan terus mengajukan kepada Pemkab apa saja yang selama ini dibutuhkan para petani,” tukasnya (amr)

Wakil Bupati Muara Enim Panen Perdana Padi Sawah Di Karang Agung,

Rating : 4.58 / 5 dari 12 pengunjung

Berikan vote untuk artikel ini!

Tags:
author

Author: 

Pria yang gemar di dunia merketing ini merupakan salah satu karyawan di Perusahaan Asuransi terkemuka di Indonesia. Menulis berita untuk kategori Kesehatan, Ekonomi, Berita Nasional dan Berita Mancanegara.

Copyright by: